8 Pengertian Air Menurut Para Ahli

8 Pengertian Air Menurut Para Ahli

Selamat datang di Portal Blog Seputer Pengetahuan, disini akan membahas materi tentang apa itu Air. Berikut dibawah ini penjelasanya:

8 Pengertian Air Menurut Para Ahli

Pengertian Air

8 Pengertian Air Menurut Para Ahli – Air merupakan senyawa kimia yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Fungsi air bagi kehidupan tidak dapat digantikan oleh senyawa lain. Penggunaan air yang utama dan sangat vital bagi kehidupan adalah sebagai air minum. Hal ini terutama untuk mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh manusia itu sendiri. Kehilangan air untuk 15% dari berat badan dapat mengakibatkan kematian yang diakibatkan oleh dehidrasi. Karenanya orang dewasa perlu meminum minimal sebanyak 1,5 – 2 liter air sehari untuk keseimbangan dalam tubuh dan membantu proses metabolisme. Di dalam tubuh manusia, air diperlukan untuk transportasi zat – zat makanan dalam bentuk larutan dan melarutkan berbagai jenis zat yang diperlukan tubuh. Misalnya untuk melarutkan oksigen sebelum memasuki pembuluh-pembuluh darah yang ada disekitar alveoli.

Pengertian Air Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat 8 pendapat dari pada ahli mengenai air, yakni sebagai berikut:

Sitanala Arsyad

Air adalah senyawa gabungan antara dua atom hidrogen dan satu atom oksigen menjadi H2O

Hefni Effendi

Air adalah salah satu sumber energi gerak

Robert J. Kodoatie

Air merupakan material yang membuat kehidupan terjadi di bumi

Roestam Sjarief

Air merupakan zat yang paling esensial dibutuhkan oleh makhluk hidup

Ilmu Kimia

Air ialah H2O dan jawaban itu dibenarkan secara empiris berdasarkan observasi

Sayyid Quthb

Air adalah dasar dari suatu kehidupan dan merupakan satu unsur yang dibutuhkan dalam kehidupan hingga manusia pun sangat menantikan kedatangannya

Eko Budi Kuncoro

Air merupakan suatu senyawa kimia sederhana yang terdiri atas 2 atom hidrogen (H) dan 1 atom Oksigen (O). Air mempunyai ikatan Hidrogen yang cenderung bersatu padu untuk menentang kekuatan dari luar yang akan memecahkan ikatan-ikatan ini.

Bambang Agus Murtidjo

Air merupakan substansi yang mempunyai keistimewaan sebagai penghantar panas yang sangat baik, sehingga air di dalam tubuh lebih penting dari makanan

Sumber: https://duniapendidikan.co.id/