Analisis Akuntansi

Analisis Akuntansi

Analisis Akuntansi

Analisis Akuntansi

Analisis Akuntansi

Apa saja empat langkah dalam melakukan analisis usaha dengan menggunakan laporan keuangan? Mengapa dalam masing – masing tahap analisis dalam konteks lintas batas lebih sukar dibandingkan dengan analisis dalam suatu Negara?

Jawab :

v  Analisis Akuntansi

Tujuan analisis akuntansi adalah untuk menganalisis sejauh mana hasil yang dilaporkan perusahaan mencerminkan realitas ekonomi. Para analis perlu untuk mengevaluasi kebijakan dan estimasi akuntansi, serta menganalisis sifat dan ruang lingkup fleksibilitas akuntansi suatu perusahaan. Para manajer perusahaan diperbolehkan untuk membuat banyak pertimbangan yang terkait dengan akuntansi, karena merekalah yang tahu lebih banyak mengenai kondisi operasi dan keuangan perusahaan mereka. Laba yang dilaporkan seringkali digunakan sebagai dasar evaluasi kinerja manajemen mereka.

v  Langkah-langkah analisis akuntansi :

Terdapat 4 langkah dalam melakukan analisis usaha dengan menggunakan laporan keuangan yaitu:

  1. Analisis Strategi Usaha Internasional
  2. Analisis Keuangan
  3. Analisis Akuntansi
  4. Analisis Prospektif Internasional.

v  Karena kurang andalnya informasi mengenai perkembangan makro ekonomi dan kesulitan memperoleh informasi Akuntansi Internasional yang disebabkan seperti berikut ini :

  1. Karena keterbatasan data membuat upaya untuk melakukan analisis strategi usaha dengan menggunakan metode riset tradisional menjadi sukar dilakukan.
  2. Karena perbedaan antar negara dalam kualitas pengukuran, pengungkapan dan kualitas audit, serta perbedaan dalam jenis dan format laporan keuangan.
  3. Karena hambatan bahasa dan terminology
  4. Karena adanya perbedaan budaya, bahasa, dan mata uang serta kondisi persaingan dan ekonomi lokal mempengaruhi interpretasi ukuran akuntansi dan rasio keuangan sehingga tahap analisis dalam konteks antar batas lebih sukar dibandingkan dengan analisis dalam satu negara.
  1.     Jika anda diminta untuk memberikan lima rekomendasi  terpenting  yang  dapat  anda  pikirkan kepada  pihak – pihak lain yang sedang menganalisis laporan keuangan asing, apa saja rekomendasi tersebut?

Jawab :

Apabila saya diminta memberikan lima rekomendasi tersebut maka saya akan memberikan lima rekomendasi terpenting sebagai berikut :

1)      Memperhatikan perbedaan pengukuran akuntansi

2)      Memahami  sistem  akuntansi  dan  praktik  bisnis

3)      Memperhatikan budaya dan nilai sosial yang mempengaruhi sistem akuntansi

4)      Harus memperhatikan ketepatan waktu, bahasa dan termonologi

 

5)     Memahami variabel lingkungan seperti pendanaan eksternal, keterkaitan politik  dan ekonomi suatu negara.

Sumber : https://www.theedgesearch.com/2019/11/dna-and-rna-what-it-is-function-and-more.html