Apa artinya pesan terenkripsi?

Apa artinya pesan terenkripsi?

Apa artinya pesan terenkripsi

Anda mungkin sudah pernah mendengar bahwa aplikasi pesan terenkripsi adalah cara terbaik untuk menjaga privasi Anda dalam berkomunikasi.

Namun, apakah Anda tahu apa yang membuatnya begitu aman? Jika tidak, Anda tidak sendiri.

Penelitian terbaru dari para ahli di bidang ilmu komputer menemukan bahwa meskipun banyak orang menggunakan aplikasi perpesanan yang aman, seperti WhatsApp dan Telegram, mereka tidak dapat menjelaskan dengan pasti bagaimana aplikasi tersebut melindungi privasi mereka.

Terlebih lagi, mereka tidak yakin bahwa layanan tersebut lebih aman daripada opsi lain seperti pesan teks SMS dan panggilan telepon.

“Secara keseluruhan, hasil kami menunjukkan bahwa alat-alat yang dienkripsi

(end-to-end) secara luas digunakan, tetapi tidak dipahami secara akurat,” tulis penulis laporan itu, yang dipimpin oleh mahasiswa doktoral Ruba Abu-Salma dari University College London, dilansir dari laman Cnet.

Hal ini menjadi masalah, menurut peneliti.

Ini berarti bahwa orang-orang mungkin tidak memilih pengiriman pesan terenkripsi

untuk mengirimkan informasi mereka yang sangat sensitif, jika mereka berpikir pesan mereka kemungkinan akan dicegat dan dibaca oleh layanan tersebut.

Terlebih lagi, jika mereka tidak melihat pesan terenkripsi memiliki tingkat

keamanan khusus, mereka mungkin tidak masalah dengan upaya pemerintah untuk membatalkan enkripsi end-to-end.

Hal itu menambah tekanan yang dihadapi perusahaan-perusahaan teknologi dalam mengatakan tidak kepada pemerintah di seluruh dunia yang ingin mendapatkan pesan terenkripsi.

 

Baca Juga :