Bekali Siswa Menulis Karya Ilmiah

Bekali Siswa Menulis Karya Ilmiah

Bekali Siswa Menulis Karya Ilmiah

Bekali Siswa Menulis Karya Ilmiah

Bekali Siswa Menulis Karya Ilmiah

SMA Future Gate Putra Kota Bekasi mengajarkan siswanya menulis karya ilmiah

. Pembelajaran ini diberikan agar mereka nantinya tak kaget saat membuat laporan tugas akhir di perguruan tinggi.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMA Future Gate Putra Kota Bekasi Keriyono menjelaskan, program Karya Ilmiah Inspirasi Siswa (KIIS) dilaksanakan setelah Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dengan diikuti oleh seluruh siswa kelas XII.

”Program ini merupakan sebuah ikhtiar bagi SMA Future Gate Putra Kota Bekasi

untuk lebih dulu memperkenalkan penulisan karya ilmiah seperti ini agar ketika di dunia perguruan tinggi sudah bisa merasakan hal tersebut sebelumnya. Intinya biar siswa ga kaget,” jelas Keriyono kepada Radar Bekasi, Kamis (31/10).

Program yang sudah memasuki tahun ke-4 tersebut dijalankan selaiknya membuat tugas akhir pada program D3 maupun S1. Mulai dari proses penulisan, bimbingan, hingga sidang.

Pada proses bimbingan, siswa dibimbing oleh guru mulai dari penentuan ide dan judul hingga penulisannya

. Tema dalam karya ilmiah ditentukan berdasarkan jurusan masing-masing agar siswa lebih memahami dan mudah dalam mengerjakannya.

Selama ini, siswa jurusan IPA lebih banyak menulis karya ilmiah tentang eksperimen atau uji coba laboratorium. Sedangkan siswa jurusan IPS tentang ilmu sosial atau kebudayaan. Sementara siswa jurusan Bahasa tentang diniyah.

”Penyusunan penulisan ini pun akan dibakukan dalam sebuah buku panduan oleh panitia KIIS yakni Dimas Ronggo Saputra dan Rifqul Fendi,” katanya.

 

Sumber :

https://ruangseni.com/