Belajar Sangrai Kopi Di Rumah

Belajar Sangrai Kopi Di Rumah

Belajar Sangrai Kopi Di RumahBelajar Sangrai Kopi Di Rumah

Anda punya mesin roasting? Saatnya anda Belajar Teknik ‘Roasting’ untuk Dapatkan Kopi Berkualitas Maksimal. Greenbean atau biji mentah kopi yang berwarna hijau dipanggang untuk bisa dinikmatin menjadi minuman. Asap keluar dari mesin roasting yang baunya ‘merangsang” harapan untuk minum kopi.

Anda telah membaca semua perihal cara roasting / Sangrai, dan mempunyai mesin sangrai kopi sendiri, kini saatnya anda berguru roasting kopi di rumah. Beberapa orang yang ingin menjadi roaster juga ada yang tetapkan untuk berguru sendiri, mempelajari aksara biji kopi dari artikel ini. Bahkan mereka mengeluarkan biaya untuk kursus cara membuat kopi yang yummy sekaligus cara menyeduh kopi robusta supaya di nikmati untuk tamu.

Coffee roasting mungkin yakni sebuah proses penting dalam dunia kopi yang masih kurang dikenal oleh kebanyakan peminum kopi. Coffee Roasting, Proses Penting Penentu Karakter Kopi. Tidaklah gampang untuk mengetahui bagaimana biji kopi mengalami proses roasting secara sedikit demi sedikit apalagi untuk menelaahnya secara visual.

Sebagai roaster rumahan, Anda mempunyai kemampuan yang mendebarkan untuk menentukan biji mana yang Anda sangrai dan menonjolkan karakteristik terbaiknya, semua siap untuk Anda membuat minuman sendiri (atau mengatakan biji kepada sobat yang beruntung).

Tetapi dunia pembelian biji hijau bisa terasa luar biasa pada awalnya. Bagaimana Anda sanggup menemukan kopi yang tepat untuk Anda? Untungnya, ada beberapa cara sederhana untuk memahami perbedaan antara biji dan menemukan (setidaknya) satu lot yang sesuai dengan selera Anda.

Tidak semua biji kopi hijau sama

Kolumbia atau Etiopia? A dicuci atau madu? Campuran Bourbon atau Typica-Caturra? Ada begitu banyak jenis biji dan perbedaan di antara keduanya memengaruhi bagaimana kopi rasanya dan bagaimana Anda memanggangnya.

Related
Segera Atasi Penyakit Bunga Dan Daun Kopi Atau Anda Akan Gagal Panen
Hama Dan Penyakit Tanaman Kopi Di Indonesia
Cuppers Versus Barista, Mana Yang Anda Kagumi?
Berikut yakni beberapa poin paling penting untuk dipertimbangkan:

1. Asal
Kondisi di mana kopi ditanam, termasuk iklim, kelembaban, dan tanah, mempunyai dampak pada aroma dan rasanya. Pergilah dari yang besar ke kecil – cicipi kopi dari banyak sekali negara, kemudian coba banyak sekali daerah, sebelum membandingkan perbedaan antara lahan pertanian dan banyak dari satu daerah.

2. Varietas
Spesies dan varietas kopi (yang merupakan kategori genetik di bawah spesies) mempunyai dampak luar biasa pada kopi yang diseduh. Minum Bourbon kuning, SL-28, atau Gesha yakni pengalaman yang benar-benar berbeda.

3. Ketinggian: Secara umum, semakin tinggi elevasi, semakin rendah suhu
Ini sanggup mengakibatkan kopi tumbuh lebih lambat dan memungkinkan gula untuk berkembang lebih banyak. Hasil? Brews dengan profil rasa yang lebih kompleks, manis, dan lebih sering keasaman dibandingkan yang tumbuh pada suhu yang lebih hangat.

Ketika mempertimbangkan ketinggian, jangan lupa bahwa kawasan yang berbeda mempunyai suhu yang berbeda. Misalnya, terlalu cuek untuk menanam kopi lebih tinggi daripada sekitar 600 m.a.l. di Hawaii, namun kopi Kona sangat dihargai. Di Kepulauan Galapagos, kopi Istimewa sanggup tumbuh sekitar 200 m.a.l. Ingatlah hal ini dikala membandingkan kopi, terutama jikalau mereka berasal dari banyak sekali negara atau bahkan benua.

4. Proses Biji Kopi
Dalam proses alami / kering, seluruh ceri dikeringkan sebelum buah terluar dihilangkan, mengatakan rasa yang lebih manis dan berbuah. Kopi berair / dicuci telah dikeluarkan dari buah sebelum dikeringkan, sehingga mereka cenderung kurang manis tetapi jauh lebih bersih. Pada gilirannya, ini memungkinkan keasaman untuk bersinar.

Pengolahan madu menghilangkan kulit tetapi meninggalkan beberapa lendir, atau daging, di sekitar biji selama pengeringan. Ini membuat rasa manis dan kenyang, dibandingkan dengan kopi yang dicuci.

Anda mungkin juga mengalami jenis pengolahan lain: monsun, berair dikuliti, eksperimental … Ini sering spesifik untuk satu peternakan atau daerah. Misalnya, biji monsun telah disimpan di gudang di animo hujan Hindia lembab.

Tips Memilih Biji Kopi Yang Baik
Mengetahui kopi mana yang Anda suka dimulai dengan mencicipi. Banyak mencicipi, sebenarnya.

Coba banyak sekali kopi yang berbeda dan catat satu per satu. Beri peringkat setiap cangkir dalam skala dari satu hingga sepuluh. Kemudian tambahkan catatan perihal keasaman, rasa manis, badan / mouthfeel, dan aftertaste.

Anda juga sanggup mengomentari citarasa dan aroma dalam cawan (baik yang Anda sukai maupun yang tidak Anda sukai). Jika memungkinkan, tuliskan asal, variasi, elevasi, dan metode pengolahan.

Kalau roasting kopi pakai wajan biasa apa mengurangi rasa? jikalau anda roater profesional mungkin tidak mengurangi rasa alasannya anda tahu temperatur suhu untuk biji kopi. Roasting kopi di wajan biasa harus pandai-pandai mengatur panas, lihai dalam mengaduk biji kopi supaya panas merata.

Apakah Anda melihat tumpuan apa pun? Anda akan segera berbagi ilham perihal kopi mana yang Anda sukai dan mana yang tidak Anda sukai.

 

Recent Posts