Cara Mengajari Anak Membaca dengan Cepat dan Menyenangkan

Cara Mengajari Anak Membaca dengan Cepat dan Menyenangkan

Membaca adalahsalah satu keterampilan akademis yang mesti dipunyai seorang anak begitu mereka menginjak usia sekolah. Mengajari anak menyimak tidaklah semudah yang dibayangkan. Sebagai orang tua dan pendidik, anda harus mengetahui teknik mengajari anak menyimak yang tepat dan efisien.

Nah, inilah ini merupakan sejumlah tips atau teknik mengajari anak membaca, supaya mereka dapat cepat menguasai keterampilan ini dengan cara yang menyenangkan.

Mengenalkan huruf seraya bernyanyi

Sebelum membaca, anak mesti mengenal huruf terlebih dahulu. Pengenalan huruf ini sehubungan dengan teknik melafalkan huruf dengan benar. Agar anak tidak merasa sedang belajar, ajak mereka untuk berdendang sambil menghafalkan macam-macam huruf.

Jika telah terbiasa, anak akan gampang melanjutkan pembelajaran ke fase selanjutnya, yakni mengenal format huruf.

Mengenal format huruf melewati media audio visual

Anak-anak gampang tertarik dengan segala urusan yang berwarna, bergambar, dan mempunyai suara yang menarik. Hal berikut yang menciptakan mereka dapat duduk berlama-lama di depan televisi, ketika sedang menyaksikan acara kartun favorit.

Agar belajar menyimak terasa menyenangkan, download video atau software tentang pengenalan huruf. Ajak anak menyaksikan video atau bermain dengan software tersebut seraya sesekali menjelaskan bentuk-bentuk huruf dengan bahasa yang mereka mengerti.

Anda juga dapat membuat kartu huruf sendiri memakai bahan sederhana. Lengkapi kartu huruf dengan gambar dan warna yang menarik. Cara mengajarkan anak menyimak menggunakan media audio visual ini lumayan efektif. Anak jadi tidak mudah jenuh karena merasa sedang bermain bukan belajar.

Belajar menyimak secara rutin

Jika kita ialah orang tua yang bekerja, luangkan tidak banyak waktu guna mengajari anak menyimak setiap hari. Jangan pasrah pada edukasi di sekolah atau lokasi les. Jika tidak diulang di rumah, anak bakal cepat tak sempat dan susah untuk mempelajari urusan baru.

Paling tidak, dalam sehari luangkan masa-masa Anda selama 15 hingga 30 menit guna mengajari anak membaca. Pilihlah bacaan simpel yang menciptakan anak antusias. Sesekali selingi pekerjaan tersebut dengan permainan, supaya Anda dan anak tidak merasa bosan.

Bacakan kisah sebelum mereka tidur

Cara mengajari anak menyimak selanjutnya ialah membacakan kitab cerita sebelum mereka tidur. Di samping menghibur, membaca kisah mampu memperkaya kosa kata. Anak yang terbiasa mendengar cerita, lama kelamaan bakal penasaran dan mengupayakan untuk membaca kisah tersebut sendiri.

Dari sinilah semangat mereka untuk dapat membaca laksana orang tuanya muncul. Belilah buku-buku kisah sederhana dengan gambar, warna, dan cerita yang menarik. Sesekali mohon anak guna bercerita isi kitab yang dibaca dengan bahasanya sendiri.

Beri pujian dan reward

Kemampuan masing-masing anak bertolak belakang antara satu dengan lainnya. Sebagai orang tua, anda harus mengetahui hal ini. Daripada kesal dan marah ketika mereka tidak kunjung dapat membaca dengan lancar, beri mereka pujian dan hadiah masing-masing kali mereka sukses melafalkan satu atau dua huruf.

Cara mengajari anak menyimak dengan memberi pujian dan reward ini lumayan efektif. Karena di samping merasa dihargai, anak tidak bakal merasa terbebani. Pujian pun dapat memotivasi anak guna belajar lebih giat dan menunjukkan keterampilan terbaik mereka.

Sumber : http://www.mmnt.org/cat/rp/www.pelajaran.co.id