Cara Pengobatan Kanker Payudara

Cara Pengobatan Kanker Payudara

Cara Pengobatan Kanker Payudara

Cara Pengobatan Kanker Payudara

Pengobatan kanker payudara invasif sesuai tahap:

1.Stadium I

Kanker ini masih relatif kecil dan belum menyebar ke kelenjar getah bening atau tempat lain.

Terapi Lokal: Kanker stadium I dapat diobati dengan pembedahan payudara (Lumpectomy, mastektomi parsial) atau modifikasi mastektomi radikal. Kelenjar getah bening juga perlu diperiksa, dengan biopsi kelenjar getah bening sentinel atau getah bening aksila node diseksi.

Mastektomi sendiri adalah operasi pengangkatan payudara. Ada 3 jenis mastektomi (Hirshaut & Pressman, 1992 dalam id.wikipedia.org) :

a.Modified Radical Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara, jaringan payudara di tulang dada, tulang selangka dan tulang iga, serta benjolan di sekitar ketiak.

b.Total (Simple) Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara saja, tetapi bukan kelenjar di ketiak.

c.Radical Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan sebagian dari payudara. Biasanya disebut lumpectomy, yaitu pengangkatan hanya pada jaringan yang mengandung sel kanker, bukan seluruh payudara. Operasi ini selalu diikuti dengan pemberian radioterapi. Biasanya lumpectomy direkomendasikan pada pasien yang besar tumornya kurang dari 2 cm dan letaknya di pinggir payudara.

Terapi radiasi biasanya diberikan setelah operasi payudara. Wanita tersebut dapat mempertimbangkan operasi payudara tanpa terapi radiasi jika :

a.Wanita tersebut adalah usia 70 tahun atau lebih.

b.Tumor kurang dari atau sama dengan 2 cm dan sudah benar-benar hilang.

 c.Tumor berisi reseptor hormon dan terapi hormon diberikan.

d.Tidak ada kelenjar getah bening yang diangkat karena kanker.

Terapi Ajuvan Sistemik: Kemoterapi ajuvan biasanya dianjurkan untuk tumor yang lebih besar. Untuk kanker HER2-positif, trastuzumab adjuvant (Herceptin) biasanya direkomendasikan.

2.Stadium II

Kanker ini lebih besar dan atau sudah menyebar ke beberapa kelenjar getah bening di dekatnya. Terapi Lokal: pilihan terapi bedah dan radiasi untuk tumor sadium II mirip dengan tumor stadium I, terapi radiasi dapat dilakukan setelah mastektomi jika tumor telah membesar (lebih dari 5 cm) atau sel kanker ditemukan di beberapa kelenjar getah bening.

Terapi Ajuvan sistemik: terapi ajuvan sistemik dianjurkan untuk wanita dengan kanker payudara stadium II. Hal ini melibatkan terapi hormon, kemoterapi, trastuzumab, atau beberapa kombinasi tersebut, tergantung pada usia pasien, status reseptor estrogen, dan HER2/neu status.

Neoadjuvant Terapi: Pilihan bagi beberapa wanita yang ingin terapi payudara untuk tumor lebih besar dari 2 cm adalah kemoterapi neoadjuvant (sebelum operasi), terapi hormon, dan/atau trastuzumab untuk mengecilkan tumor. Jika pengobatan neoadjuvant dapat mengecilkan tumor, wanita tersebut mungkin harus operasi payudara (seperti lumpectomy) diikuti dengan terapi radiasi, serta terapi hormon jika tumor adalah hormon reseptor-positif. Jika tumor besar, maka mastektomi mungkin diperlukan. Hal ini dapat diikuti oleh kemoterapi yang berbeda. Terapi radiasi mungkin diperlukan jika tumor besar (lebih dari 2 inci) atau jika kelenjar getah bening mengandung kanker. Radiasi biasanya diberikan setelah operasi. Terapi hormon mungkin diberikan jika tumor adalah hormon reseptor-positif. Terapi hormon dapat diberikan baik sebelum dan sesudah operasi.

3.Stadium III

Perawatan lokal untuk beberapa jenis kanker payudara stadium IIIA sebagian besar sama dengan stadium II kanker payudara. Kanker dihilangkan dengan operasi payudara (seperti lumpectomy) diikuti dengan terapi radiasi, atau dengan mastektomi radikal yang dimodifikasi (dengan atau tanpa rekonstruksi payudara). Sentinel biopsi kelenjar getah bening atau kelenjar getah bening aksila pembedahan juga dilakukan. Terapi radiasi dapat digunakan setelah mastektomi jika tumor besar (lebih dari 5 cm di seluruh) atau ditemukan telah menyebar ke beberapa kelenjar getah bening. Pembedahan biasanya diikuti dengan kemoterapi ajuvan sistemik, dan atau terapi hormon, dan atau trastuzumab. Stadium III kanker sering diobati dengan neo adjuvant kemoterapi (sebelum operasi). Mastektomi dilakukan dengan pengangkatan kelenjar getah bening aksila (suatu diseksi kelenjar getah bening ketiak).

4.Stadium IV

Stadium IV kanker telah menyebar ke luar kelenjar payudara dan getah bening ke bagian lain dari tubuh. Meskipun operasi dan atau radiasi mungkin berguna dalam beberapa situasi, operasi tersebut sangat tidak mungkin untuk menyembuhkan kanker ini, sehingga terapi sistemik adalah pengobatan utama. Hal ini tergantung pada banyak faktor, yang dapat terdiri dari terapi hormon, kemoterapi, sasaran terapi seperti trastuzumab (Herceptin) atau lapatinib (Tykerb), atau beberapa kombinasi dari perawatan ini. Trastuzumab dapat membantu wanita dengan kanker HER2-positif hidup lebih lama jika diberikan dengan kemoterapi pertama untuk penyakit stadium IV. Hal ini belum diketahui apakah juga harus diberikan pada waktu yang sama dengan terapi hormon, atau berapa lama seorang wanita harus melakukan terapi (American Cancer Society, 2010).


Baca Juga :