CONTOH PIDATO MENJAGA KESEHATAN MATA

CONTOH PIDATO MENJAGA KESEHATAN MATA

CONTOH PIDATO MENJAGA KESEHATAN MATA

CONTOH PIDATO MENJAGA KESEHATAN MATA

CONTOH PIDATO MENJAGA KESEHATAN MATA

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Yang terhormat Ibu Mulat Ngesti Sp,d selaku guru pembimbing  Bahasa Indonesia dan teman-teman yang saya cintai

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT, atasberkah dan rahmatnya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato tentang “Menjaga Kesehatan Mata”

Setiap orang pasti menginginkan kondisi matanya tetap dalam keadaan sehat sampai kapanpun. Mata memang anugerah terbesar yang diberikan Tuhan kepada manusia karena peranannya sangat besar. Tak bisa dipungkiri bahwa ada banyak kebiasaan atau pekerjaan sehari-hari yang dapat mereduksi fungsi mata seperti menonton televisi terlalu dekat, bermain game berlebihan atau terlalu lama memandangi sinar matahari.

Agar mata Anda masih tetap berfungsi sebagaimana mestinya, Anda wajib untuk menjaga dengan baik. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat diperhatikan untuk menjaga kesehatan mata Anda.

  1. Perhatikan jarak saat menonton televisi atau membaca

Jarak yang bisa dikatakan aman untuk menonton televisi ialah 2 meter untuk ukuran 14 inchi dan 3 meter untuk ukuran yang lebih besar lagi. Sebaiknya, gunakan televisi berukuran kecil saja supaya tidak terlalu berpengaruh terhadap kesehatan mata Anda.

  1. Lamanya duduk di depan komputer atau televisi

Usahakan tidak menatap layar komputer atau televisi dalam jangka waktu lama sekaligus. Anda bisa mengatur agar setiap 1-2 jam sekali, anda lakukan aktifitas berjalan selama 5-10 menit sehingga pandangan tidak fokus pada satu tempat.

  1. Melakukan olahraga

Menurut hasil studi, olahraga bermanfaat untuk menurunkan ketegangan di mata sehingga merurangi resiko glukoma. Ada banyak ragam olahraga yang bisa Anda lakukan mulai dari jogging, treadmill, ke gym dan lainnya yang bisa dilakukan secara konsisten.

  1. Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda. Jangan pula memakai kacamata terlalu lama.

Begitu banyak kegunaan mata bagi kehidupan kita, betapa pentingnya menjaga kesehatan mata dengan baikMata juga memiliki berbagai kelemahan maka dari itu kita harus menghindari kebiasaan – kebiasaan yang dapat mengurangi bahkan merusak fungsi mata kita. Marilah kita menjaga kesehatan mata kita yang beberapa caranya telah saya sampaikan seperti tidak menonton televise dalam jarak dekat, tidak terlalu lama didepan kompurter dan lain sebagainya.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, apabila ada kesalahandalam bertutur kata saya mohon maaf. Aas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Wabilahi taufik walhidayah

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Baca Juga :