Dasar Syari’ah Penggunaan Istihsan

Dasar Syari’ah Penggunaan Istihsan

Dasar Syari’ah Penggunaan Istihsan

Dasar Syari’ah Penggunaan Istihsan

Menurut ulama Hanafiyah

Malikiyah, dan sebagian Hambaliyah, al-Istihsan merupakan dalil yang kuat dalam menetapkan hukum syara’. Alasan yang mereka kemukakan terdapat dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah:

Dasar dalam Al-Qur’an:

tûïÏ%©!$#ur(#qç7t^tGô_$#|Nqäó»©Ü9$#br&$ydr߉ç7÷ètƒ(#þqç/$tRr&ur’n<Î)«!$#ãNßgs93“uŽô³ç6ø9$#4÷ŽÅe³t6sùÏŠ$t7ÏãÇÊÐÈ

tûïÏ%©!$#tbqãèÏJtFó¡o„tAöqs)ø9$#tbqãèÎ6­Fu‹sùÿ¼çmuZ|¡ômr&4y7Í´¯»s9’ré&tûïÏ%©!$#ãNßg1y‰ydª!$#(y7Í´¯»s9’ré&uröNèd(#qä9’ré&É=»t7ø9F{$#ÇÊÑÈ

Artinya: “Dan orang-orang yang menjauhi tagut (yaitu) tidak menyembahnya dan kembali kepada Allah, mereka pantas mendapat berita gembira; sebab itu sampaikanlah gambar gembira itu kepada hamba-hamb ku”. “(yaitu) mereka yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik diantaranya. Mereka itulah orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah dan mereka itulah orang-orang yang mempunyai akal sehat”.( Q.S. Az-Zumar: 17-18)

            Ayat ini menurut mereka menegaskan bahwa pujian Allah bagi hamba-Nya yang memilih dan mengikuti perkataan yang terbaik, dan pujian tentu tidak ditunjukkan kecuali untuk sesuatu yang di syari’atkan oleh Allah

(#þqãèÎ7¨?$#urz`|¡ômr&!$tBtAÌ“Ré&Nä3ø‹s9Î)`ÏiBNà6În/§‘`ÏiBÈ@ö6s%br&ãNà6u‹Ï?ù’tƒÜ>#x‹yèø9$#ZptGøót/óOçFRr&urŸwšcrããèô±n@ÇÎÎÈ

Artinya: “Dan ikutilah sebaik-baik apa yang telah diturunkan kepadamu dari Tuhanmu sebelum datang azab kepadamu dengan tiba-tiba, sedang kamu tidak menyadarinya”.( Q.S. Az-Zumar: 55)

            Menurut mereka, dalam ayat ini Allah memerintahkan kita untuk mengikuti yang terbaik, dan perintah menunjukkan bahwa Ia adalah wajib. Dan Dia disini tidak ada hal lain yang memalingkan perintah ini dari hukum wajib.

Dasar dalam Hadis:

Dimana dalam Hadis Riwayat Ahmad Ibn Hanbal yang artinya:“Sesuatu yang dipandang baik oleh ummat Islam, maka ia di hadapan Allah juga baik”.

            Hadis ini menunjukkan bahwa apa yang dipandang baik oleh kaum muslimin dengan akal sehat mereka, maka ia pun demikian di sisi Allah.


Sumber: https://blog.fe-saburai.ac.id/seva-mobil-bekas/