Diagram dan Macam-Macam Diagram

Diagram dan Macam-Macam Diagram

Diagram dan Macam-Macam Diagram

Secara umum Pengertian Diagram adalah gambar atau grafik yang berisi keterangan dan menjelaskan sarana, prosedur, atau kegiatan yang biasa dijalankan suatu sistem. Diagram juga dapat berarti gambaran (sketsa, buram) yang menggunakan garis dan simbol untuk menerangkan atau memperlihatkan sesuatu.
Diagram adalah suatu gambaran data yang telah diolah sedemikian rupa menjadi sebuah grafik, garis atau tabel. Diagram merupakan sebuah sarana untuk mempermudah pengguna dalam menganalisis data dengan tampilan yang menarik dan mudah dipahami. Isi dari diagram biasanya berupa nominal, skala ataupun data-data statistik.

Adapun Jenis-Jenis Diagram sebagi berikut.

Terbagi atas beberapa jenis baik bentuk dan gambar yang berbeda :

Diagram Garis

Diagram garis merupakan diagram yang penyajian datanya  menggunakan  garis. Baik itu garis lurus, kurva ataupun garis putus-putus. Diagram ini biasanya dipakai untuk menyajikan data statistik yang diperoleh melalui pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan. Dalam pengaplikasiannya biasanya menggunakan sumbu X dan sumbu Y. Sumbu X digunakan menunjukkan waktu pengamatan, sedangkan sumbu Y digunakan untuk menunjukkan hasil nilai-nilai pengamatan pada suatu waktu tertentu. Kumpulan waktu dan hasil pengamatan membentuk titik-titik pada bidang XY, selanjutnya tiap kolom dari dua titik yang berdekatan dihubungkan dengan garis lurus sehingga terciptalah diagram garis atau disebut juga dengan grafik garis.

Diagram Lingkaran

Diagram lingkaran merupaka sebuah diagram yang penyajian datanya menggunakan lingkaran sebagai gambarnya. Biasanya data yang disajikan dalam diagram lingkarang berupa persen data. Dalam pembuatan diagram lingkaran, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan besaran presentase tiap objek terhadap keseluruhan data dan besarnya sudut pusat sektor lingkaran.

Diagram Kotak Garis

Diagram kotak garis merupakan sebuah diagram yang datanya disajikan menggunakan persegi panjang disertai garis. Data statistik yang digunakan dalam menggambarkan diagran kotak garis berupa Statistik Lima Serangkai, yang terdiri dari data paling kecil dan data paling besar (ekstrim), Q1, Q2, dan Q3.