Faktor pendukung dan penghambat pendidikan Bani Umayah

Faktor pendukung dan penghambat pendidikan Bani Umayah

Dalam perjalanan setiap pemerintahan sudah sangat lazim tentu ada beberapa faktor sebagai pendukung dan tentunya ada faktor yang menjadi penghambat jalannya sebuah pemerintahan tersebut. Dalam bidang pendidikan di masa pemerintahan bani Umayah dapat di klasifikasikan dalam dua ranah yakni :

Faktor Pendukung

Hampir di pastikan bahwa pendidikan di zaman Bani umayyah sudah lebih berkembang dibandingkan dengan zaman khulafaurrasyidin, perkembangan pendidikan tersebut yang paling menonjol yakni pada aspek kelembagaan dan ilmu pengetahuan yang di ajarkan. Sebelum timbulnya sekolah dan universitas yang kemudian dikenal sebagai lembaga pendidikan formal, dalam dunia Islam telah berkembang lembaga-lembaga pendidikan sejak di zaman Bani Umayah sebagaimana telah disebutkan dalam pembahasan di atas. Dalam perkembangan lembaga-lembaga tersebut maka diantara faktor pendukung pendidikan di zaman bani Umayyah  yakni :

  1. Kuttab sebagai lembaga pendidikan dasar
  2. Pendidikan rendah di istana bagi anak-anak pejabat
  3. Majlis sastra
  4. Badi’ah sebagai tempat khusus belajar Bahasa Arab
  5. Perpustakaan
  6. Rumah sakit sebagai tempat praktik calon dokter
  7. Masjid selain tempat Ibadah juga pusat komunikasi pengetahuan bagi umat Islam di waktu masa tersebut.
  8. Pendidik
  9. Faktor Penghambat

Dalam perjalanan pendidikandi zaman Bani Umayyah meskipun telah melembaga sebagaimana disebutkan diatas, akan tetapi sistemnya masih bersifat sederhana dan konvensional dan belum dapat di samakan dengan pendidikan yang berkembang saat ini. Kemudian menyangkut faktor penghambat dalam sistem pendidikan Bani Umayyah salah satu yang paling menonjol adalah faktor situasi politik dan sosial yang terjadi di zaman Bani Umayyah. Sebagaimana di sebutkan sejak awal dalam makalah ini bahwa proses menjadiny kepemimpinan Bani Umayyah adalah sangat sarat dengan politik yang bisa dikatakan high politic di masa itu. Kemudian dalam pergantian khalifah ke khalifah adalah dengan lingkaran oligarki keluarga dalam dinasty tersebut.

Pendidikan di zaman bani umayyah dalam perkembangannya terhambat juga dengan perpolitikan di masa itu. Secara politik masa Bani Umayyah berlangsung kurang lebih selama 90 Tahun dan pada masa itu dibalik perkembangan pendidikan yang di sebutkan dalam pembahasan diatas, namun ada yang lebih fokus di bandingkan perhatian dalam dunia pendidikan yang di lakukan oleh Bani Umayyah yakni perluasan wilayah dan meredam berbagai macam gejolak pemberontakan yang di lakukan oleh orang-orang yang berlawanan politik dengan pemerintah Bani Umayyah. Sehingga dengan berbagai macam pemberontakan-pemberontakan yang terjadi maka secara otomatis menghambat dalam proses perkembangan pendidikan di zaman pemerintahan Bani Umayyah.

Recent Posts