Filsafat Kesuksesan

Filsafat Kesuksesan

Filsafat Kesuksesan

Filsafat Kesuksesan

Filsafat Kesuksesan

“Take what you want and pay for it, says God” (Spanish Proverbs)

Pada prinsipnya tidak ada yang dinamakan rahasia kesuksesan, karena memang tidak ada rahasia untuk menjadi sukses dalam setiap bidang yang kita geluti. H.L. Hunt seorang bilioner minyak di masa lalu pernah menyampaikan bahwa untuk menjadi sukses hanya diperlukan dua hal yakni:

1. Tentukan dengan jelas apa yang Anda inginkan

2. Tentukan harga yang diperlukan untuk memperolehnya dan lakukan apapun yang Anda bisa guna mencapai tujuan tersebut.

Dari studi literatur ratusan buku dan juga wawancara dengan orang-orang yang telah mencapai kesuksesan bisa disimpulkan bahwa untuk mencapai kesuksesan pada dasarnya sederhana meski tidak mudah. Sederhana karena memang resepnya jelas dan tidak akan berubah dari jaman dulu , sekarang, dan di masa datang. Konsep ini adalah konsep fundamental yang wajib dipahami oleh setiap orang yang ingin sukses dalam setiap aspek kehidupannya. Disebut fundamental karena memang konsep ini adalah konsep dasar yang selaras dengan hukum alam tentang kesuksesan dan bilamana dijalankan dengan baik maka pasti akan memberi manfaat yang luar baisa bagi orang yang menjalankannya.

Saat ini budaya yang ada adalah budaya serba instan yang menawarkan kesuksesan dalam waktu singkat dan mudah. Tak heran banyak iklan, artikel, buku, seminar, khotbah, dan berbagai jenis penawaran untuk bisa SUKSES, KAYA, dengan CEPAT. Namun pengalaman saya dan jutaan orang di dunia membuktikan bahwa hal tersebut adalah omong kosong belaka. Pepatah lama mengatakan “if it’s too good to be true, then it’s too good to be true”. Para penganjur sukses dan kaya cepat tersebut jeli membaca dinamika budaya instan yang ada di masyarakat demi kepentingan mereka sendiri. Sebenarnya hal tersebut sah-sah saja dalam konteks pemasaran guna menarik minat dan perhatian khalayak luas, namun menjadi tidak etis bahwa konsep instan tersebut didengungkan sebagai suatu kebenaran mutlak. Saya pribadi termasuk orang yang tidak percaya dengan konsep kaya dengan cepat dan mudah karena memang bukan demikian konsep kesuksesan yang hakiki. Berhati-hatilah kalau ada orang yang menawarkan jalan hal tersebut karena bisa jadi mereka mengincar sesuatu dari Anda yang akan merugikan Anda di masa yang akan datang.

Baca Juga :