Fungsi Sansevieria Sebagai Tanaman Hias Obat dan Pembersih Udara

fungsi Sansevieria Sebagai Tanaman Hias Obat dan Pembersih Udara

Manfaat tanaman hias Sansevieria – Sansevieria atau yang akrab disebut bersama lidah mertua ini adalah tidak benar satu dari sekian banyak tanaman hias obat yang populer di Indonesia. Nama tanaman ini di dalam bhs Inggris, tak hanya dikenal bersama Sansevieria termasuk dinamai snake plant, mother-in-law´s tongue, devil’s tongue, jinn’s tongue, dan bow string hemp. Bentuknya yang menjulur ke atas dan tajam membuatnya menyerupai lidah oleh sebab itu kerap disebut sebagai tanaman hias lidah mertua. Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang enteng tumbuh terhadap area tropis, maka tidak heran jikalau tanaman sansevieria di Indonesia populasinya memadai banyak. Tanaman ini banyak digemari karena tak hanya bentuk fisiknya yang cantik bersama beragam macam corak warna, energi tahan dari tanaman hias ini termasuk terlampau tinggi. Tak heran kita akan kerap menemui tanaman ini di di dalam maupun ruang ruangan sebagai aksen penghias.

Sansevieria membawa daun yang beragam ragam warnanya, merasa dari hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, sampai warna gabungan pada putih kuning atau hijau kuning. Motif rangkaian atau garis-garis yang terdapat terhadap helai daun termasuk bervariasi, ada yang ikuti arah serat daun, tidak beraturan, dan ada termasuk yang zig-zag.

Ciri sansevieria (lidah mertua) secara umum membawa rimpang, punyai daun yang tebal yang anggota ujung daunnya runcing. Tanaman hias ini termasuk bisa menyimpan air di dalam jumlah yang memadai banyak terhadap semua anggota tubuh, supaya bisa hidup terhadap area yang kering dan tandus sekalipun.

Tanaman ini membawa kira-kira 70 macam spesies. Beberapa spesies sansevieria pada lain; Sansevieria angustiflora , S. cylindrica, S. dawei, S. ehrenbergii, S. grandis, S. hyacinthoides, S. kirkii, S. metallica, S. trifasciata, dan lain-lain.

Manfaat Tanaman Sansevieria Sebagai Tanaman Hias Pembersih Udara

Selain sebagai tanaman hias, ternyata Sansevieria atau lidah mertua membawa kegunaan yang terlampau baik, yakni bisa menyerap racun (polutan) berbahaya di udara. Tanaman sansevieria atau Lidah Mertua merupakan tanaman hias pembersih udara, karena bisa membersihkan udara kira-kira bersama cara menyerap dan menetralisir polutan (racun) dari udara. Berbagai jenis racun yang bisa diserap oleh Sansevieria pada lain karbonmonoksida, nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene, sampai dioksin.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA; National Aeronautics plus Space Administration), sansevieria atau lidah mertua punyai kemampuan untuk menyerap sampai 107 jenis unsur berbahaya (racun atau polutan). Riset atau peneletian lainnya menyimpulkan bahwa bersama cuma 5 helai daun sansevieria dewasa, telah bisa menyerap dan membersihkan ruangan yang luasnya 100 m3 dari beragam jenis polutan.

Manfaat Tanaman Sansevieria Sebagai Tanaman Hias Obat

Selain manfaatnya sebagai tanaman hias penyerap racun, Sansevieria atau lidah mertua ternyata termasuk punyai kegunaan lain yang terlampau penting yakni sebagai tanaman hias obat, pada lain manfaatnya seperti: penutup luka, antiseptik, obat wasir, cacar, cacing, penyakit mata dan telinga, dan termasuk sebagai bahan minuman penyegar tubuh. Beberapa jenis sansevieria termasuk berkhasiat sebagai anti malaria, anticendawan, antikolesterol, sampai antikanker.

Melihat manfaatnya yang terlampau banyak, tanaman hias ini terlampau cocok untuk kamu jadikan tidak benar satu tanaman hias yang kamu tanam atau meletakkan di rumah anda. Dengan terdapatnya tanaman Sansevieria di rumah anda, maka udara di rumah kamu akan merasa sejuk dan segar untuk dihirup tak hanya itu kamu bisa mengambil kegunaan lainnya yakni sebagai tanaman hias obat.

Selengkapnya : https://www.lele.co.id/