Guru SMK di Kabupaten Bandung Over Kuota

Guru SMK di Kabupaten Bandung Over Kuota

Guru SMK di Kabupaten Bandung Over Kuota

Guru SMK di Kabupaten Bandung Over Kuota

Guru SMK di Kabupaten Bandung Over Kuota

SOREANG – Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Marlan Nirsyamsu mengatakan, guru di beberapa jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Bandung diakui sudah terlampau banyak.

Terutama, pada jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Sebab, kondisi demikian akibat booming-nya penggunaan komputer di berbagai sektor, mulai dari rumah tangga, perusahaan, hingga pemerintahan.

”Akhirnya, banyak orang yang berlomba-lomba menempuh pendidikan komputer

untuk kemudian menjadi pengajar. Padahal dulu ada fenomena penggunaan komputer yang makin booming. Nah, sekarang output-nya banyak dan akhirnya kelebihan,” kata Marlan di Pemkab Bandung, kemarin (27/5).

Karena kelebihan guru di jurusan TKJ, lanjut Marlan, pihaknya memutuskan untuk membatasi pembukaan jurusan TKJ dan perekrutan gurunya. Selain jurusan TKJ, jurusan lain yang kelebihan guru yakni teknik mesin dan otomotif. ”Walaupun berlebih, tapi jumlahnya masih wajar,” ujarnya.

Marlan menjelaskan, cara untuk melakukan pemerataan guru yakni dengan membagi rata jumlah guru yang berlebihan di satu sekolah ke sekolah lain yang kekurangan guru. Namun, katanya, cara tersebut sulit dilakukan karena guru SMK memiliki keahlian khusus yang tidak bisa begitu saja dikirim ke sekolah lain.

”Guru SMK ini kan spesifik, punya keahlian khusus. Kalaupun berlebih, kita tidak bisa kirim

ke sekolah lain karena belum tentu sekolah itu butuh keahlian guru SMK ini,” jelasnya.

Pihak Pemkab Bandung, tutur Marlan, sedang mengambil langkah tertentu dengan memperbanyak jurusan-jurusan baru di beberapa SMK. Jurusan baru tersebut akan ramai diisi murid karena tingkat kebutuhan terhadap jurusan tersebut cukup besar. Di antara jurusan yang akan diperbanyak di SMK, yakni Pertanian, Tata Boga, dan Perhotelan.

Jurusan Tata Boga misalnya, lanjut Marlan, permintaannya sudah cukup tinggi karena banyak kawula muda yang ingin menjadi koki di restoran besar dan tempat lain maupun membuka usaha kuliner. Selain itu, jurusan perhotelan juga banyak diminati karena dinilai cepat mendapat pekerjaan. ”Jurusan Tata Boga permintaannya sudah tinggi. Belum lulu saja sudah diminta (kerja). Begitupun perhotelan,” tuturnya.

Marlan mengungkapkan, Kabupaten Bandung saat ini memiliki beberapa SMK dengan jurusan pertanian,

dan Tata Boga. SMK yang punya jurusan Tata Boga ada di Baleendah, yakni SMK Negeri 1. Sedangkan jurusan pertanian terdapat di SMK di daerah Rancabali.

 

Sumber :

https://sam-worthington.net/soal-teks-prosedur/