Hal-hal yang perlu Diperhatikan dalam Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan

Hal-hal yang perlu Diperhatikan dalam Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan

Secara garis besar ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan yaitu :

  1. Tenaga Kerja/Tenaga Sukarela

Tenaga kerja dan atau tenaga sukarela sangat penting dalam kegiatan pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana pendidikan. Jika sekolah tidak memiliki atau tidak memerhatikan tenaga tersebut maka sarana dan prasaran yang ada di sekolah mungkin tidak akan terawat dengan baik.

  1. Alat dan Bahan

Alat-alat yang harus diperhatikan dalam kegiatan perawatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan adalah alat-alat seperti lap atau untuk pembersih, sapu lantai dan sapu lidi, peralatan kayu, ember, peralatan tembok/batu, kuas cat, dll.

  1. Jenis atau Spesifikasi Barang

Sarana dan prasarana pendidikan banyak jenisnya, setiap jenis memiliki karakteristik masing-masing yang menuntut adanya cara pemeliharaan dan perawatan yang berbeda-beda. Jika sarana dan prasarana yang beragam-ragam dirawat tidak berdasarkan spesifikasinya maka selain akan mengganggu pencapaian tujuan pemeliharaan sarana dan prasarana, tetapi juga akan mempercepat kerusakannya.

  1. Prosedur Permintaan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan
  2. Prosedur permintaan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan dapat dibedakan menurut wilayah kerja yaitu :
  3. Prosedur permintaan pemeliharaan pada unit utama pusat di lingkungan sekretariat jenderal (setjen)
  4. Unit pemakai mengajukan permohonan kepada Biro Tata Usaha. Biro Tata Usaha memberi disposisi kepada kepala bagian rumah tangga Biro Tata Usaha.
  5. Prosedur permintaan pemeliharaan pada unit utama di lingkungan direktorat jenderal dan inspektoral jenderal (ditjen/itjen).

Unit pemakai mengajukan permohonan kepada sekretarias ditje/itjen. Sekretaris ditjen/itjen memberi disposisi kepada kabag umum ditjen/itjen. Kabag umum ditjen/itjen memberi disposisi kepada kasubag perlengkapan, dan kasubag perlengkapan memberi disposisi kepada pelaksana masing-masing.

Recent Posts