Ini Dia Pesaing Baru Rossi di Yamaha

Ini Dia Pesaing Baru Rossi di Yamaha

Ini Dia Pesaing Baru Rossi di Yamaha

Lupakan dulu tensi panas jelang sesi pamuncak Moto GP di Valencia pekan depan. Karena Yamaha kini ternyata sedang menyiapkan pesaing baru Valentino Rossi di pabrikan. Siapakah dia?

Namanya Motobot. Yup, ini bukan pembalap ‘manusia’, melainkan robot

terbaru rancangan Yamaha yang mampu mengendarai Yamaha YZF-R1M. Bersama tunggangannya, Motobot diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2015. Teknologi pada robot ini memungkinkannya menggeber motor dengan kecepatan melewati 200 kilometer per jam, tanpa modifikasi manusia.

Dengan alasan meningkatkan standar keselamatan berkendara

, Yamaha menyatakan serius untuk membuka lini bisnis baru guna mengembangkan teknologi ini. Pabrikan berlogo garpu tala itu mengklaim kalau yang membuatnya istimewa adalah robot ini mampu mengendarai sepeda motor, tapi tak sekedar sepeda motor biasa, melainkan motor balap yang sudah dimodifikasi.

Meskipun masih berupa robot konsep, tapi kehadiran robot ini

seakan ingin membuktikan kalau pabrikan otomotif raksasa asal Jepang tersebut tengah mengembangkan sebuah sistem baru, yang nantinya akan diimplementasikan pada kendaraan-kendaraan buatannya.

Karena Motobot lolos dari aturan perizinan Eropa, maka tak heran kalau Yamaha memulai debut robot ini dengan menunggangi YZF-R1M. Sementara itu, sang pembuat robot mengakui kalau dirinya terinspirasi dari gaya berkendara Valentino Rossi di ajang MotoGP, ketika membuat robot yang masih berupa robot konsep ini.

 

Baca Juga :