Jangan Lupakan Faktor Penangnan

Jangan Lupakan Faktor Penangnan

Jangan Lupakan Faktor Penangnan

Jangan Lupakan Faktor Penangnan

Jangan Lupakan Faktor Penangnan

Selain hal-hal diatas, yang tidak boleh dilupakan, yaitu penanganan di tingkat distributor. Sering kita lihat para pekerja dengan seenaknya melempar tabung-tabung gas seenaknya. Meskipun tabung itu kosong, tapi nantinya kan diisi juga. Dan yang perlu kita ingat, setelah keluar dari pabrik, nasib tabung gas berada di tangan konsumen dan distributor, termasuk stasiun pengisian ulang Elpiji dan para pedagang.

Benturan-benturan yang terjadi akibat tabung yang dilemparkan, pasti akan mengurangi umur kelayakan pakai dari si tabung. Dan faktor umur inilah yang tidak bernah kita hitung. Selama ini kita anggap tabung gas akan bisa terus digunakan selama-lamanya. Benturan-benturan tersebut sedikit banyak pasti akan merusak tabung gas, terutama tabung 3 kg yang memang diproduksi dengan biaya murah. Separah apa tingkat kerusakan itu tentunya sangat bergantung pada daerah benturan dan kekuatan benturannya.

Di samping itu pemerintah juga harus tegas dalam mengawasi pemeliharaan tabung di stasiun pengisian Elpiji. Pengecekan kondisi tabung dan penggantian seal/perapat harus dilakukan dengan benar. Demikian juga dengan kualitas sealyang dipakai harus sesuai dengan standar yang diberlakukan (SNI).

Tabung gas, sebagai barang yang selalu berotasi dan berpindah-pindah tangan tentunya memerlukan tanggung jawab dan kedisiplinan kita semua untuk memperlakukannya dengan baik.

Harus kita ingat, bila kita memberi perlakuan dengan salah pada salah satu tabung gas, maka hal itu tidak hanya akan membahayakan diri kita tetapi juga akan membahayakan orang lain yang suatu saat akan memakai tabung gas itu. Betapa kejamnya jika kita memperlakukan tabung seenaknya sendiri, tapi suatu saat orang lain yang terkena bencana akibat keegoisan kita. Mungkin di dunia tidak akan ada yang bisa menuntut kita. Tapi yakinlah Tuhan Yang Mahatahu dan Mahaadil pasti akan menuntut pertanggungjawaban kita nanti. (izzu)

Sumber : https://dunebuggyforsale.org/strain-tactics-apk/