Kelas Heterogeneratae

Kelas Heterogeneratae

Kelas Heterogeneratae

Kelas Heterogeneratae

Heterogeneratae yang memiliki pergantian heteromorphic sporofit selalu lebih besar dari gametofit.Sporofit biasanya ukuran makroskopik dan memepunyai bentuk tertentu, gametofit selalu berfilamen dan ukuran mikroskopis.Sporofit dari Heterogeneratae dapat menghasilkan zoospora atau spora netral. Berdasarkan struktur vegetatif dari sporofitHeterogenerataedibagi menjadi dua subkelas, Haplostichineae dan Polystichineae.

  • Subclass Haplostichineae

Sporofit dari Haplostichineae terdiri dari filament.Dalam semua kasus pertumbuhan trichothallic.Sebuah sporofit dapat menghasilkansporangia netral atau uniclocular.gametofit selalu filamen mikroskopis. Subkelas dibagi menjadi tiga ordo.

  • Ordo  Chordariales

Chordarialestermasuk haplostichineae, dimanasporofit filamen bercabang tidak nyata dan dipadatkan menjadi talus pseudoparenchymatous.Sejauh ini, semua gametofit yang dikenal adalah isogami.


  • Ordo Sporochnales

Sporochnalesmemiliki sporofit dimana masing-masing cabang berakhir dalam seberkas rambut.Pertumbuhannya adalah trichothallic. Sporangia unilokular biasanya dalam kelompok padat.Gametofit adalah mikroskopis dan oogami.


  • Ordo Desmarestiales

Thalli dari Desmarestiales memiliki filamen tunggal pada setiap puncak tumbuh.Gametofit adalah mikroskopis dan oogami.Desmarestia memiliki dua pusat distribusi, yaitu, utara Atlantik dan perairan utara Pasifik sebagai kontras dengan Antartika dan wilayah sekitarnya.


  • Subkelas  Polystichineae

Sporofit dari Polystichineae memiliki thalli parenchymatous dimana pertumbuhan dengan pembagian sel kabisat.Subclass ini telah dibagi menjadi tiga ordo.

  • Ordo Punctariales

Sporofit dari Punctariales yang berukuran sedang, parenchymatous, dan tumbuh dengan cara pembelahan sel kabisat yang tidak terlokalisasi dalam meristem.


  • Ordo Dictyosiphonales

Dictyosphonales telah bercabang thalli silindris dimana pertumbuhan dimulai oleh sel apikal tunggal. Sporofit biasanya menghasilkan sporangia unilokular saja. Gametofit yang mikroskopis dan isogami.


  • Ordo Laminariales

Kebanyakan anggota Laminariales (para kelps) memiliki sporofit eksternal.Pertumbuhan ini disebabkan daerah meristematik.Sporofit memproduksi sporangia unilokular saja yang terletak pada sori.


Sumber: https://itms.co.id/postknight-apk/