Keyboard Bertenaga Surya

Keyboard Bertenaga Surya

Keyboard Bertenaga Surya

Keyboard Bertenaga Surya

Keyboard Bertenaga Surya

Tren perangkat elektronik ramah lingkungan terlihat semakin jelas. Setelah berbagai produk elektronik menggunakan sel surya sebagai sumber energinya, kini giliran keyboard komputer yang memasang sel-sel surya kecil tersebut untuk menyuplai listrik ke dalam baterai di dalamnya.
Belum lama keyboard dengan tipe K750 yang mengandalkan sepenuhnya pada energi surya. Sepertinya pembuat keyboard ini tidak ingin setengah-setengah dalam mendesain produk barunya tersebut. Agar terkesan lebih ramah lingkungan,keyboard ini menggunakan bahan plastik yang sepenuhnya bisa didaur ulang.

Pada beberapa produk keyboard sebelumnya, Logitech sudah mendesainnya sebagai perangkat nirkabel. Dengan cara ini saja Logitech sudah mengurangi pemakaian kabel komunikasi antara keyboard dengan komputer. Desain yang sama juga diterapkan pada keyboard terbarunya tersebut.
Panel surya kecil yang ditempatkan di bagian atas keyboard sepenuhnya bertanggung jawab untuk mengisi ulang baterai di dalamnya. Sebuah luxmeter untuk mendeteksi intensitas cahaya yang ada juga menyertai keyboard. Cukup menggunakan cahaya lampu keyboard sudah bisa mengisi ulang, tetapi tentunya akan memberikan hasil yang lebih maksimal jika dipaparkan sinar matahari.
Tidak jauh berbeda dari K750, keyboard AU Optronics juga bisa mengisi ulang baterainya dengan cahaya lampu di sekitarnya. Perbedaan terbesarnya adalah sel surya yang digunakan. Sedangkan K750 menggunakan sel surya solid dan dipasang hanya pada bagian tertentu dari keyboard, sedangkan AU Optronics menggunakan sel surya berbentuk lembaran setebal 2,1 milimeter yang sensitif terhadap sentuhan dan berfungsi sebagai keyboard itu sendiri. AU Optronics sendiri mendesain keyboard tersebut untuk laptop.
Keyboard K750, keyboard bertenaga matahari pertama mereka yang mendapatkan tanggapan baik dari sisi desain dan fitur. Namun banyak yang mempertanyakan, kapan keyboard tersebut akan hadir untuk pengguna Mac.

Ternyata, dikutip dari EarthTechling, 9 September 2011, Logitech membutuhkan waktu 1 tahun untuk akhirnya meluncurkan keyboard bertenaga matahari untuk komputer besutan Apple tersebut.

Serupa dengan versi PC, keyboard tenaga surya versi Mac ini juga dibuat menggunakan bahan-bahan bebas PVC dan bisa diisi ulang menggunakan cahaya matahari ataupun sinar di dalam ruangan, serupa dengan kalkulator bertenaga surya.

Sebuah lampu di keyboard dan juga aplikasi yang bisa didownload akan memberitahukan pengguna saat keyboard tersebut mulai kekurangan daya dan perlu diisi ulang.

Sumber : https://multi-part.co.id/jurassic-world-alive-apk/