Mengenal Apa Itu Anemia Akibat Terganggunya Produksi Sel Darah Merah

Mengenal Apa Itu Anemia Akibat Terganggunya Produksi Sel Darah Merah

Mengenal Apa Itu Anemia Akibat Terganggunya Produksi Sel Darah Merah

Mengenal Apa Itu Anemia Akibat Terganggunya Produksi Sel Darah Merah

Mengenal Apa Itu Anemia Akibat Terganggunya Produksi Sel Darah Merah

Seperti kita ketahui bahwa seldarah merah diproduksi oleh sumsum tulang. Proses ini membutuhkan zat besi, serta vitamin B12 dan asam folatEritropoietin (EPO) merangsang pembuatan sel darah merah. EPO adalah hormon yang dibuat oleh ginjal.

a. Defisiensi (kekurangan) Zat besi

Perempuan lebih rentan mengalami kekurangan zat besi dibanding laki-laki, khususnya saat menstruasi atau kehamilan .Pada orang dewasa, kekurangan zat besi sering disebabkan oleh karena kehilangan darah khronis seperti menstruasi. Kehilangan darah khronis juga bisa disebabkan oleh karena kanker terutama kanker pada usus besar.

Pada bayi dan anak anak, anemia kekurangan zat besi biasanya disebabkan karena kurangnya asupan makanan yang mengandung zat besi.

b. Anemia Pernisiosa (Anemia defisensi Vit. B12)

Anemia yang diakibatkan oleh karena kekurangan vitamin B12 dikenal dengan nama anemia pernisiosa.

c. Anemia defisiensi Asam Folat (Anemia Megaloblastik)

Anemia akibat kekurangan asam folat biasanya terjadi pada saat kehamilan. Anemia akibat kekurangan asam folat disebut anemia megaloblastik.
Kekurangan asam folat ini menyebabkan lambatnya produksi eritroblas dalam tulang sumsum tulang akibatnya, sel ini tumbuh terlalu besar dengan bentuknya yang aneh dan disebut megaloblas. Penderita sariawan usus (intestinal sprue) dimana asam folat, B 12 dan senyawa vitamin B lainnya sedikit sekali diabsorbsi, seringkali mengalami anemia megaloblastik. Atropi mukosa lambung seperti yang terjadi pada anemia pernisiosa atau bila seluruh lambung diangkat melalui gastrektomi total, juga dapat menyebabkan terjadinya anemia megaloblastik.

d. Anemia Aplastik

Anemia Aplastik terjadi akibat gangguan pada fungsi sumsum tulang. Aplasia sumsum tulang berarti tidak berfungsinya sumsum tulang. Sumsum tulang sebagai pabrik produksi sel darah juga bisa mengalami gangguan, sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik dalam menghasilkan sel darah merah yang berkualitas.
Contohnya pada seseorang yang sering terkena radiasi sinar gamma akibat ledakan bom atom, cenderung untuk menderita kerusakan sumsum tulang yang menyeluruh, dan dalam beberapa minggu kemudian menjadi anemia yang mematikan. Demikian juga terapi yang menggunakan sinar-x secara berlebihan, bahan-bahan kimia pada industri tertentu dan pada penderita sensitif bahkan obat-obatan dapat mengakibatkan efek yang sama. Gangguan pada sumsum tulang juga dapat disebabkan oleh karena adanya mestatase sel kanker dari tempat lain.

e. Anemia akibat gangguan fungsi Ginjal

Gangguan atau gagal ginjal kronis dapat menyebabkan terjadi penurunan dari produksi eritropoetin (EPO), sehingga produksi sel darah merah pun akan menjadi turun,