Motor Merek Nmax

Motor Merek Nmax

Motor Merek Nmax

Motor Merek Nmax

Motor Merek Nmax

  1. Motor Merek Nmax

Nmax merupakan salah satu merek motor yang merupakan bagian dari perusahaan manufaktur motor terbasar di dunia, Yamaha. Merek Sepeda Motor Nmax, merupakan motor yang di produksi oleh Yamaha, yang masuk dalam ketegori atau varian MAXI Yamaha (Supriyanto, 2018). Dalam hal ini, Nmax merupakan produk yang cukup menarik perhatian konsumen, meskipun bukan termasuk skutik bongsor, atau skuter matik dengan 150 cc pertama yang diluncurkan di Indonesia. Selanjutnya, di awal tahun tahun 2018, Asosiasi Sepedamotor Indonesia (AISI) mencatat, total wholesales varian MAXI Yamaha, yakni AEROX 155, NMAX, dan XMAX mencapai 90.916 unit atau sekitar 43,6% dari total penjualan Yamaha di pasar dalam negeri. Dari varian MAXI Yamaha tersebut, sepeda motor NMAX menjadi yang terbanyak dengan total penjualan mencapai 62.446 unit (Supriyanto, 2018), jumlah ini meningkat hingga akhir semester 1 2018, yaitu sepanjang Januari-Juni 2018, penjualan Nmax telah mencapai 199.862 unit (Purnama, 2018). Dari data ini jelas terlihat bahwa minat para komumen sudah mulai beralih, dari yang semula lebih memilih skuter normal beralih menuju ke skuter matik 150 cc.

  1. Strategi Segmentasi, Targeting dan Positioning Nmax

Berikut ini merupakan analisis strategi segmentasi, targeting dan positioning yang dilakukan oleh perusahaan Yamaha terhadap motor dengan merek Nmax, sehingga meskipun baru beberapa tahun kemunculannya di pasaran sebagai salah satu motor dengan tipe skuter matik ber-cc besar, yaitu 150 cc, kini telah mampu menarik pasar konsumen yang cukup banyak dibandingakn dengan pesaing-pesaingnya yang sama-sama mengusung jenis motor stutik 150 cc, yaitu:

  1. Segmentasi Pasar Nmax

Segmentasi pasar Nmax dalam hal ini dilihat dari beberapa variabel umum dari segmentasi pasar dilihat dari:

  • Segi Geografis, yaitu:
  • Segi demografiknya (Novianty & Krisnamusi, 2017), yaitu:
  • Segmentasi Psikografik
  • Target Pasar Nmax

–          Menargetkan penguasaan pangsa pasar 40% di segmen skuter matik, sebagai konsentrasi segmen tunggal, perusahaan memilih Nmax yang berkonsentrasi pada pasar sepeda motor tipe skuter matik berukuran besar (Maxi), 150 CC. dimana pada saat ini banyak konsumen yang mulai tertarik menggunakan motor jenis skuter matik dengan cc yang lebih besar, yaitu 150 cc. maka dengan ini, Nmax digunakan untuk mennarik perhatian segmen skuter matik 150 cc tersebut.

–          Menargetkan pasar pada kalangan menengah keatas, khususnya diperuntukkan mereka yang suka akan rasa nyaman, elegan, style yang trendi dan modern.

  • Positioning Nmax

–          Nmax juga diposisikan sebagai produk yang mengikuti pergeseran tren pasar kendaraan roda dua, yang kini mengarah ke jenis skuter atau skutik premium, setelah sebelumnya fokus di segmen low-end.

–          Skuter mewah identik proporsi bodi yang besar, dengan tampilan desain yang elegan, juga menunjang sisi eksklusifitas dari sebuah kuda besi.

Sumber : http://fenilu95.blog.unjaniyogya.ac.id/school-days-apk/