NEW PARADIGMA

 NEW PARADIGMA

Jika sebuah perusahaan ingin tetap eksis dan terus berkembang, maka harus menganut pada “New Paradigma”, yaitu Customer Satisfaction (kepuasan pelanggan) yang berorientasi kepada pelanggan yang mengacu pada:

” Focus pada pelanggan, baik pelanggan internal maupun external ”

Tujuan utama “focus pada pelanggan” adalah: 1). Komitmen terhadap mutu dalam jangka panjang, 2). Mengadakan perbaikan terus menerus dan berkesinambungan.

Bila ditinjau dari Mutu, maka Mutu mencakup semua segi bisnis, termasuk Mutu Pelayanan, “bukan cuma pada mutu produk (barang/jasa) saja”.

7.1. Sasaran Mutu pelayanan

Sasaran Mutu pelayanan adalah kepuasan pelanggan mencakup pelanggan luar (ulti-mate users) dan pelanggan dalam (next process), sebab tidak akan dapat mengharap-kan dari pelanggan dalam yang tidak puas, untuk memuaskan pelanggan luar secara berkelanjutan.

Untuk mencapai sasaran tersebut, pembinaan pelayanan pelanggan diberikan kepada karyawan depan yaitu yang langsung berhubungan dengan pelanggan (Customer ser-vice), jajaran karyawan dan pimpinannya.  Mereka perlu pembinaan dengan tujuan agar  “mutu pelayanan antar bagian/karyawan akan menunjang pelayanan keluar”.

Pencapaian hal tersebut perlu komitmen dari jajaran pimpinan yang kuat untuk mem-bangun budaya pelayanan (“service culture”) dalam organisasinya dengan pendekatan yang lebih dari pada sekedar pelatihan bagi customer service.

komitmen/ko·mit·men/ n perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu; kontrak: perkumpulan mahasiswa seharusnya mempunyai komitmen terhadap perjuangan reformasi.

Sasaran pelayanan tidak sekedar meniadakan keluhan (“complaint”) atau memuaskan pelanggan, melainkan lebih dari itu (“beyond customer satisfaction” [beyond customer satisfaction (melampaui kepuasan pelanggan)]) sehingga upaya perusahaan untuk memuaskan mereka (pelanggan) tidak semudah seperti yang diperkirakan.

https://bingkis.co.id/gold-rush-apk/