Pembedaan Antara Benda bergerak dan Benda tidak bergerak 

Pembedaan Antara Benda bergerak dan Benda tidak bergerak 

Pembedaan Antara Benda bergerak dan Benda tidak bergerak 

Pembedaan Antara Benda bergerak dan Benda tidak bergerak 

Pembedaan antara benda bergerak dengan benda tidak bergerak ini penting karena adanya ketentuan-ketentuan hukum yang berbeda antara benda tidak bergerak dan bergerak yang berkaitan dengan:

  1. Bezit (kedudukan berkuasa)

Yang dimaksud dengan bezit menurut pasal 529 KUH Per adalah keadaan memegang atau menikmati suatu benda dimana seseorang menguasainya baik sendiri maupun dengan perantaraan orang lain, seolah olah itu adalah kepunyaannya sendiri. Cara memperoleh bezit ada 2:

1)      Dengan jalan occupatio mendaku atau menduduki bendanya. Artinya memperoleh itu secara mandiri tanpa bantuan dari orang yang membezit terlebih dahulu. Misalnya ikan di sungai, burung di hutan buah-buahan di pohonya dsb.

2)      Dengan jalan traditio (penyerahan bendanya) memperoleh bezit dengan jalan traditio dikatakan juga memperoleh bezit yang bersifat derivatif. Artinya memperolehnya itu dengan bantuan orang yang membezit terlebih dahulu.

  1. Levering (Penyerahan) benda bergerak dapat dilakukan dengan penyerahan nyata. Sedangkan penyerahan benda tidak bergerak harus dengan balik nama, misalnya penyerahan ha milik atas tanah harus balik nama di Kantor Pertanahan.
  2. Verjaring (lewat waktu atau kadaluwarsa)

Benda bergerak mempunyai verjaring 0 tahun, jadi bezitter terhadap benda bergerak langsung menjadi pemilik benda sejak saat ia membezit benda bergerak tersebut. Sedangakn benda-benda tidak bergerak mempunyai verjaring menurut KUH Per adalah 20 tahun dalam hal adanya perjanjian yang sah dan 30 tahun kalau tidak ada perjanjian. Artinya bezitter terhadap benda tidak bergerak dapat menjadi pemilik benda tidak bergerak apabila sudah melewati jangka waktu tersebut. Namun setelah adanya UUPA hak atas tanah tidak dapat dimiliki melalui verjaring.

  1. Bezwaring (pembebanan) terhadap benda bergerak dilakukan dengan gadai, sedang bezwaring terhadap benda tidak bergerak harus dilakukan dengan hipotik (dalam hal benda tidak bergerak selain tanah dan dengan hak tanggungan apabila pembebanan atas tanah.

https://wisatalembang.co.id/stone-guest-apk/