Pemilihan dan Penentuan Metode

Pemilihan dan Penentuan Metode

Pemilihan dan Penentuan Metode

Pemilihan dan Penentuan Metode

Metode mengajar yang digunakan guru dalam setiap kali pertemuan kelas bukanlah asal pakai, akan tetapi setelah melakukan seleksi yang berkesesuaian dengan perumusan tujuan intruksional khusus, oleh karena itu berikut merupakan masalah yang harus di pahami dalam pemilihan dan penentuan metode dalam kegiatan belajar mengajar.

  1. Nilai Strategis Metode

            Guru sebaiknya memperhatikan dalam pemilihan dan penentuan metode sebelum kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di kelas

  1. Efektivitas Penggunaan Metode

          Efektivitas penggunaan metode dapat terjadi bila ada kesesuaian antara metode dengan semua komponen pengajaran yang telah diprogramkan dalam suatu pelajaran, sebagai persiapan tertulis.

  1. Pentingnya Pemilihan dan Penentuan Metode

          Guru sebagai salah satu sumber belajar berkewajiban menyediakan lingkungan belajar yang kreativ bagi kegiatan belajar anak didik di kelas. Salah satu kegiatan yang harus guru lakukan adalah melakukan pemulihan dan penetuan metode yang bagaimana yang akan dipilih untuk mencapai tujuan pengajaran.

  1. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Metode

          Guru akan lebih mudah menetapkan metode yang paling serasi untuk situasi dan kondisi yang khusus dihadapinya, jjika memahami sifst – sifst masing – masing metode tersebut. Winarno Surahmad (1990; 97) mengatakan, bahwa pemilihan dan penentuan metode dipengaruhi oleh beberapa factor sebagai berikut :

  • Anak Didik. Anak didik adalah manusia berpotensi yang mengahajatkan pendidikan.
  • Tujuan. Tujuan adalah sasaran yang dituju dari setiap kegiatan belajar mengajar. Dalam hal ini metode harus tunduk pada kehendak tujuan dan buakn sebaliknya. Karena itu kemampuan yang bagaimana yang dikehendaki oleh tujuan, maka metode harus mendukung sepenuhnya.
  • Situasi. Situasi kegiatan belajar-mengajar yang guru ciptakan tidak selamanya sama dari hari ke hari, disisi lain metode yang baik adalah sesuai dengan situasi yang ada, oleh sebab itu situasi yang ada mempengaruhi pemilihan dan penentuan metode mengajar.
  • Fasilitas. Fasilitas adalah kelengkapan yang menunjang belajar anak didik di sekolah. Lengkap tidaknya fasilitas belajar akna mempengaruhi pemilihan metode mengajar.
  • Guru. Setiap guru mempunyai kepribadian yang berbeda. Seseorang guru misalnya kurang suka berbicara dan ada yang suka berbicara. Oleh sebab itu maka kepribadian guru akan menentukan pemilihan dan penentuan metode yang akan dipakai.

Baca Juga :