Pengertian Daun Sirih

Pengertian Daun Sirih

Pengertian Daun Sirih

Pengertian Daun Sirih

Sirih (Piper betle) adalah

tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan, berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5 – 8 cm dan lebar 2 – 5 cm.


Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung ± 1 mm berbentuk bulat panjang. Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1, 5 – 3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1, 5 – 6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan. Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan.


Biasanya daun sirih banyak dimanfaatkan oleh orang-orang tua untuk “nginang” atau yaitu mengunyah daun sirih yang dicampur dengan bahan-bahan lain seperti gambir, pinang, dan kapur. Menurut Warinah (70 tahun) warga desa Bulurejo kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri yang hingga sekarang masih mempertahankan kebiasaan ini, nginang bertujuan untuk menjaga gigi agar tetap kuat dan tidak mudah keropos.


Tradisi nginang ini telah ada sejak nenek moyangnya dan diwariskan secara turun temurun hingga sekarang. Akan tetapi menurutnya tanaman sirih memiliki banyak kegunaan lain misalnya untuk mengobati belekan (sakit mata), sakit gigi karena berlubang, bisul, luka bakar, obat batuk, bahkan bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan.


Selain itu ternyata sirih juga memiliki nilai ekonomis tinggi karena beberapa produsen jamu tradisional sengaja membudidayakan tanaman ini sebagai salah satu bahan utama untuk membuat jamu-jamu tradisional tersebut. Wiwin (31 tahun) seorang produsen sekaligus penjual jamu yang masih bertahan hingga saat ini mengaku memang untuk jamu yang berbahan dasar sirih memang rasanya cenderung pahit dan kurang sedap baunya, tapi meskipun demikian jumlah pelanggan yang memesan jamu ini karena khasiatnya yang dipercaya sangat ampuh contohnya saja jamu kunci sirih yang terbuat dari  bahan-bahan seperti daun kunci dan daun sirih ditambah dengan beberapa bahan lain yaitu jambe beluntas dan kencur.


Sumber: https://teknikutama.co.id/mushroom-apk/