Pengertian Partikel Sub atom Kimia

Pengertian Partikel Sub atom Kimia

Partikel atau partikel subatom lebih kecil dari atom. Jumlah partikel elementer yang dikenal sebagai sains sekitar tahun 1940 dapat dihitung dengan satu jari tangan, proton, neutron, elektron, neutrino, positron.

Tiga partikel pertama disebut membuat blog tempat atom diciptakan. Proton dan neutron di dalam nukleus, dan elektron yang berputar di sekitar nukleus. Neutrino dan positron orang asing ditemukan di luar atmosfer Bumi dan terjadi tanpa batas.

Pandangan materi berubah secara dramatis dalam 20 tahun ke depan. Diumumkan bahwa jumlah partikel subatomik akan meningkat karena penemuan Atomic Smasher dan penemuan fisi dan fusi nuklir.

Sejumlah partikel hadir dengan energi lebih tinggi daripada yang sering diamati dalam kehidupan sehari-hari, seperti partikel sigma, partikel delta, partikel lambda, partikel epsilon, dan partikel positif, negatif, dan netral lainnya. Ditemukan. Pada akhir tahun sekitar tahun 1950, beberapa partikel elementer ditemukan oleh beberapa fisikawan dan mereka disebut “daftar kebun binatang partikel”.
Model quark

Sekitar 1964, fisikawan Amerika, Murray Gell-Mann (1929) dan fisikawan Swiss George Zweig (1937) secara independen mengusulkan untuk melarikan diri dari kebun binatang partikel. Mereka menyarankan bahwa hampir 100 partikel elementer yang ditemukan sejauh ini tidak benar-benar dasar (partikel elementer).

Partikel Partikel Bagian

Bagian dari partikel subatomik adalah sebagai berikut.

  • Anti partikel
    Partikel-partikel elementer seperti proton, neutron, elektron dan partikel elementer lainnya, tetapi ada satu properti (seperti muatan) di depannya.
  • Nomor atom
    Jumlah proton nukleus
    Unit massa atom (amu)
    Unit pengukur massa untuk partikel kecil
  • Partikel dasar
    Partikel-partikel partikel itu tidak bisa diurai menjadi partikel monoatomik
    Gurion
  • Partikel-partikel elementer dianggap bertanggung jawab atas gaya-gaya kuat (coupling neutron dan proton nuclei)
  • Tingkat energi
    Daerah pada atom yang cenderung menemukan elektron
  • Graviton
    Partikel elementer dianggap bertanggung jawab untuk membawa gravitasi
  • Lepton
    Semacam partikel elementer
  • Isotop
    Bentuk elemen dengan nomor proton yang sama tetapi nomor neutron berbeda
    foton
  • Partikel dasar membawa gaya elektromagnetik
    berputar
  • Sifat dasar dari semua partikel subatom yang sesuai dengan rotasi mereka pada sumber-sumber tersebut
    quark

partikel elementer

Partikel yang sangat mendasar disebut quark dan nama lepton. Setiap kelompok partikel terdiri dari enam jenis partikel. Sebagai contoh, keenam quark memiliki nama yang terdengar aneh dari atas, bawah, Peson, Eine, atas (atau kebenaran), dan turun (atau keindahan).

Menurut Gell-Mann dan Zweig, adalah mungkin untuk memperoleh partikel seperti proton (dua quark dan satu downquark) atau neutron (satu upquark dan dua downquark) dengan menggabungkan enam quark yang saya bisa.

Selain quark dan lepton, para ilmuwan mengasumsikan kehadiran partikel khusus “membawa” berbagai jenis kekuatan. Salah satu partikel yang terkenal adalah foton. Foton adalah kelas partikel yang aneh tanpa massa dan dianggap sebagai penyebab transmisi energi elektromagnetik dari satu tempat ke tempat lain.

Jenis partikel subatomik penting

Ada lima partikel elementer yang paling penting termasuk proton, neutron, elektron, neutrino, dan positron. Setiap bagian dapat dijelaskan sepenuhnya dengan massa, muatan, rotasi. Karena massa partikel subatomik sangat kecil, sering diukur dengan satuan atom massa (label: amu) atau volt elektron (label: eV), bukan ons atau gram.

Unit massa atom hampir sama dengan massa proton / neutron. Volt listrik sebenarnya adalah satuan energi, tetapi dapat digunakan untuk mengukur massa dari hubungan antara massa dan energi (E = mc 2). Berikut ini adalah deskripsi dari lima partikel elementer yang paling penting.
proton

Proton adalah partikel subatomik bermuatan positif dengan berat atom sekitar 1 Amu. Proton adalah salah satu blok bangunan dasar dari semua atom. Bersama dengan neutron, mereka ditemukan di daerah yang sangat terkonsentrasi di ruang atom yang disebut nukleus.

Jumlah proton menentukan identitas kimiawi atom. Sangat penting bahwa properti ini memiliki nama khusus (nomor atom). Setiap elemen dari tabel periodik memiliki beberapa atom unik karena memiliki jumlah proton yang unik dalam nukleus.
neutron

Sumber : https://materibelajar.co.id/