Pengertian Sel

Pengertian Sel

Pengertian Sel

Pengertian Sel

Sel terdiri dari organel-organel sel

yang masing-masing memiliki tugas khusus. Salah satu organel sel yang memiliki tugas yang tak kalah penting tersebut adalah Dinding sel. Dinding sel merupakan sebuah membran yang terbentuk pada bagian luar dari membran sel yang berperan sangat penting dalam membentuk struktur sel yang kaku, memberi kekuatan dan perlindungan kepada sel terhadap tekanan mekanik.

Dinding sel adalah struktur di luar membran plasma yang membatasi ruang bagi sel untuk membesar. Dinding sel merupakan ciri khas yang dimiliki tumbuhan, bakteri, fungi (jamur), dan alga, meskipun struktur penyusun dan kelengkapannya berbeda. Hewan dan protista kebanyakan tidak memiliki dinding sel.


Pada dinding sel ada bagian yang tidak menebal, yaitu bagian yang disebut noktah. Melalui noktah ini terjadi hubungan antara sitoplasma satu dengan yang lain yang disebut plasmodesmata. Plasmodesmata berupa juluran plasma, yang berfungsi menjadi pintu keluar masuknya zat.

Sesuai dengan arti dari Metabolisme Sel itu sendiri, bahwa kajian darimatakuliah ini adalah mengenai aktivitas metabolisme yang terjadi dalam sel. Pembahasan tersebut berkenaan dengan struktur, komponen penyusun dari organel tersebut, fungsi, dan mekanisme kerja, khusunya pada Dinding sel, maka makalah ini disusun dengan tujuan meningkatkan pemahanan mahasiswa tentang Metabolisme yang terjadi di Dinding Sel.

Di biologi, sel adalah kumpulan materi paling sederhana yang dapat hidup dan ialah unit penyusun semua makhluk hidup. Sel mampu melancarkan semua aktivitas kehidupan serta sebagian besar reaksi kimia untuk mempertahankan kehidupan berjalan di dalam sel. Umumnya makhluk hidup tersusun arah sel tunggal, atau dianggap organisme uniseluler, misalnya bakteri dan amoeba.


Makhluk hidup lainnya, termasuk tumbuhan, hewan, dan manusia, merupakan organisme multiseluler yang terdiri dri banyak tipe sel terspesialisasi dengan fungsinya masing-masing. Tubuh manusia, misalnya, tersusun arah lebih dari 1013 sel. Namun, seluruh tubuh semuanya organisme berasal dari laba pembelahan satu sel. Misalnya, tubuh bakteri berasal untuk pembelahan sel bakteri induknya, sementara tubuh tikus bermula dari pembelahan sel telur induknya yang sudah dibuahi.


Sel-sel pada organisme multiseluler tidak akan bertahan musgo jika masing-masing berdiri sendiri. Sel yang sama dikelompokkan menjadi jaringan, yang membangun organ dan kemudian pola organ yang membentuk tubuh organisme tersebut. Contohnya, sel otot jantung membentuk jaringan otot jantung pada body jantung yang merupakan periode dari sistem organ peredaran darah pada tubuh orang. Sementara itu, sel sendiri tersusun atas komponen-komponen yang disebut organel.


Sel terkecil yang dikenal manusia yaitu bakteri Mycoplasma dengan size 0, 0001 sampai zero, 001 mm, sedangkan salah satu sel tunggal yang dapat dilihat dengan mata secara langsung tanpa menggunakan alat ialah telur ayam yang belum dibuahi. Selain itu, sebagian besar sel berdiameter antara 1 hingga 100 µm (0, 001–0, 1 mm) sehingga cuma bisa dilihat dengan mikroskop.


Sumber:

https://adventuregamespubs.com/guns-apk/