Pengetahuan Terkait Manajemen Batas dan Status Lahan

Pengetahuan Terkait Manajemen Batas dan Status Lahan

Penyuluh kehutanan dapat dikatakan berhasil apabila dapat memperlihatkan kinerjanya dengan baik. Dimana sebagian besar penyuluh kehutanan memahami perkembangan batas dan status lahan sehingga mendapatkan skor persetujuan 76,00% (Azami, 2018). Penyuluh kehutanan harus bersikap netral pada adanya alih fungsi lahan karena tidak turut serta dalam alih fungsi lahan yang tejadi, namun berperan serta dalam mencegah adanya alih fungsi lahan yang tidak sesuai dengan pelestarian lingkungan.

Penyuluh cenderung bersikap netral terhadap kesinambungan penanaman dengan pengaturan hasil hutan rakyat sehingga mendapat skor persentase persetujuan 66,00% (Azami, 2018). Berdasarkan rata-rata skor persentase persetujuan 68,50% dengan kategori tingkat persepsi sedang.

3. Pengembangan Hutan Rakyat

Pengembangan hutan rakyat menjadi semakin startegis untuk dapat berkontribusi terhadap berbagai permasalahan yang sedang terjadi saat ini diantaranya krisis pangan, krisis energi, pemansasan globall, kemiskinan, degradasi hutan dan lahan. Hal ini disebabkan oleh nilai manfaat hutan rakyat yang potensial memberikan manfaat baik sosial, ekonomi dan lingkungan.

Keberadaan lahan kritis di hutan rakyat dapat dikelola untuk menghasilkan kayu, bahan pangan untuk peningkatan kesejaterahaan masyarakat dan di sisi lain positif dalam usaha konservasi tanah dan air serta penyerapan karbon (Handayani, 2013).

Skor persentase persetujuan yang didapatkan dari pernyataan retribusi kayu dan perkembangan harga kayu adalah 54,00% dan 58,00% sehingga ketiga pernyataan termasuk dalam kategori tingkat persepsi sedang. Penyuluh menyatakan sikap netral pada pengembangan hutan rakyat yang mengarah ke penjualan kayu karena penyuluh merasa perkembangan harga kayu dan retribusi kayu bukan tugas utama sebagai penyuluh kehutanan.

Skor persentase persetujuan untuk sistem perkembangan hutan rakyat dari masa ke masa 66,00% yang termasuk tingkat persepsi sedang (Azami, 2018). Hal ini terjadi karena penyuluh menyatakan bahwa hanya mengikuti dan melaksanakan sistem perkembangan hutan rakyat yang ada. Berdasarkan rata-rata skor tiap pernyataan persepsi penyuluh kehutanan didapatkan hasil rata-rata skor persentase persetujuan 59,33% dengan ketegori tingkat persepsi sedang (Azami, 2018).

Sumber: https://andyouandi.net/konten-porno-tidak-bisa-diblokir-total/