Peran dan fungsi pancasila sebagai dasar negara

Peran dan fungsi pancasila sebagai dasar negara

Peran dan fungsi pancasila sebagai dasar negaraPeran dan fungsi pancasila sebagai dasar negara

Pandangan hidup bangsa indonesia

Yaitu yang dijadikan pedoman hidup bangsa indonesoa dalam mencapai kesejahteraan lahir dan batin dalam masyarakat yang heterogen (beraneka ragam).

jiwa dan kepribadian bangsa indonesia

Artinya pancasila lahir bersama dengan lahirnya bangsa indonesia dan merupakan ciri khas bangsa indonesia dalam sikap mental maupun tingkah lakunya sehingga dapar membedakan dengan bangsa lain.

pejanjian luhur

Pancasila telah disepakati secara nasional sebagai dasar negara tanggal 18 Agustus 1945 melalui sidang PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia)

  1. Sumber dari segala sumber tertib hukum

Artinya, bahwa segala peraturan perundang-undangan yang berlaku di indonesia harus bersumberkan Pancasila atau tidak bertentangan dengan Pancasila.

  1. Cita-cita dan tujuan yang akan dicapai bangsa indonesia

Yaitu masyarakat yang adil dan makmur yang merata materiil dan spiritual yang berdasarkan pancasila. [4]

Implementasi pancasila sebagai dasar negara

Beberapa penerapan Implementasi Polstranas (Politik Strategi Nasional) dalam berbagai bidang, berikut ini adalah contohnya.  Contoh Implementasi :

  1. Implementasi politik dan strategi nasional di bidang hukum: Mengembangkan budaya hukum di semua lapisan masyarakat untuk terciptanya kesadaran dan kepatuhan hukum dalam kerangka supremasi hukum dan tegaknya negara hukum.
  2. Implementasi politik strategi nasional di bidang ekonomi : Mengoptimalkan peranan pemerintah dalam mengoreksi ketidaksempurnaan pasar. Mengupayakan kehidupan yang layak berdasarkan pada kemanusiaan yang adil bagi masyarakat.  Mengembangkan perekonomian yang berorientasi global sesuai kemajuan teknologi dengan membangun keunggulan disetiap daerah.
  3. Implementasi politik strategi nasional di bidang politik. Memasyarakatan dan menerapkan prinsip persamaan dan antidiskriminatif dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara. Membangun bangsa dan watak bangsa (nation and character building) menuju bangsa dan masyarakat Indonesia yang maju, bersatu, rukun, damai, demokratis, dinamis, toleran, sejahtera, adil dan makmur.
  4. Implementasi politik strategi nasional di bidang pertahanan dan keamanan: Meningkatkan kualitas profesionalisme Tentara Nasional Indonesia, meningkatkan rasio kekuatan komponen utama, dan mengembangkan kekuatan pertahanan keamanan negara ke wilayah yang didukung oleh sarana, prasarana, dan anggaran yang memadai. Memperluas dan meningkatkan kualitas kerja sama bilateral bidang pertahanan dan keamanan dalam rangka memelihara stabilitas keamanan regional dan berpartisipasi dalam upaya pemeliharaan perdamaian dunia.

Sumber yuridis, historis, sosiologi, dan politis tentang pancasila sebagai dasar negara

Sumber Yuridis Pancasila sebagai Dasar Negara

Secara yuridis ketatanegaraan, Pancasila merupakan dasar negara Republik Indonesia sebagaimana terdapat pada Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,

Peneguhan Pancasila sebagai dasar negara sebagaimana terdapat pada pembukaan, juga dimuat dalam Ketetapan MPR Nomor XVIII/MPR/1998,tentang Pencabutan Ketetapan MPR Nomor II/MPR/1978 tentang Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (Ekaprasetya Pancakarsa) dan ketetapan tentang Penegasan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Selain itu, juga ditegaskan dalam Undang-Undang Nomor 12 tahun 2011 tentang Pembentukan Perundang-undangan bahwa Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum negara.


Sumber: https://dosenpendidikan.id/