Regulasi Bank Indonesia

  Regulasi Bank Indonesia

  • Peraturan Bank Indonesia Nomor 14/1/PBI/2012 Tentang Perubahan atas Peraturan Bank Indonesia Nomor 9/5/PBI/2007 Tentang Pasar Uang Antar Bank Berdasarkan Prinsip Syariah
  • Peraturan Bank Indonesia Nomor 9/5/PBI/2007 Tentang Pasar Uang Antar Bank Berdasarkan Prinsip Syariah
  • Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia Nomor 21/55/KEP/DIR/1988 tentang Pasar Uang Dan Penempatan Dana Antar Bank
  • Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 14/1/DPM 2012 perihal Pasar Uang Antar Bank Berdasarkan Prinsip Syariah
  •  Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 21/32/UPG 1998 perihal Pasar Uang Dan Penempatan Dana Antar Bank
  1. Proses Penawaran dan Permintaan PUAB

Penawaran dan permintaan dapat dilakukan langsung antara masing-masing pihak. Untuk mempermudah transaksi maka baik pihak menawarkan maupun pihak yang melakuan permintaan dana dapat menggunakan lembaga keuangan bukan bank yang telah mendapat izin Menkeu sebagai perantara (broker).

Transaksi dalam pasar uang antar bank ini merupakan transaksi yang jangkanya sangat pendek, yang harus dibayar kembali setelah lewat beberapa hari dan jangka waktu paling lama (termasuk perpanjangan) ditetapkan tujuh hari sejak penutupan transaksi pertama. Apabila setelah melewati hari ketujuh pinjaman belum juga diselesaikan, maka pinjaman tersebut diperlakukan sebagai pemberian kredit biasa dan untuk itu harus dipenuhi persyaratan-persyaratan formal mengenai pemberian kredit antara lain dengan melengkapi akad kredit, mengikatkan jaminan, hal-hal yang lazim di bidang perkreditan.