Resep Pempek Sutra Lembut Rasa Udang

Resep Pempek Sutra Lembut Rasa Udang

Pempek bertekstur lembut pakai udang, resep pempek sutra semakin memberikan variasi dalam menikmati kelezatan pempek bersama pedasnya kuah cuko. Tak selamanya menggunakan adonan dasar ikan, pempek udang juga dapat membuat kreasi pempek lembut dengan rasa yang sedap dan gurih.
Lihat juga yang satu ini :
Resep Pempek Tanpa Ikan, Pempek Dos Lembut Isi Telur
Pempek sutra juga bisa dibuat tanpa ikan atau udang, takaran tepung kanji/tapiokanya biasanya lebih dibanyakin dari terigu jika ingin hasilnya lebih lembut. Sedangkan untuk variasi rasa bisa juga mengkombinasikannya dengan udang rebon, ikan teri maupun ebi.

Resep Bahan Pempek Sutra

250 gram udang
275 gram tepung terigu
300 gram tapioka/kanji
5 butir telur
2,5 sdt gula pasir
2,5 sdm minyak goreng
1,5 sdm penyedap
1 sdm garam
500 ml air
6 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt merica halus
Resep Membuat Pempek Sutra
Cara Membuat Pempek Sutra
1. Bersihkan udang, kupas kulit dan buang kepala kemudian cuci hingga bersih, tiriskan. Haluskan atau blender daging udang tersebut dengan setengah takaran air (250 ml air) hingga lembut, sisihkan.
2. Mixer telur hingga berbusa lalu masukkan udang tadi, sambil terus mixer agar tercampur rata masukkan juga garam, gula, penyedap, merica dan bawang putih halus.
3. Setelah rata, masukkan tepung terigu, tapioka dan sisa air (250 ml), mixer lagi hingga adonan merata sambil tuangkan minyak goreng.
4. Tuang adonan ke dalam plastik, seperti plastik es mambo atau dengan sesuaikan ukuran menurut selera. Lakukan pembungkusan sampai adonan habis.
Resep Pempek Sutra
5. Didihkan air dalam panci, kemudian masukkan adonan pempek yang sudah dibungkus plastik tadi. Rebus selama 10 menit lalu angkat dan tiriskan serta biarkan dingin.
6. Apabila sudah dingin, buka plastiknya lalu potong-potong dan siap untuk digoreng. Pempek sutra lembut rasa udang sudah siap disajikan bersama cuko empek-empek.
Resep Membuat Cuko Empek-empek
250 gram gula merah (gula aren batok)
300-400 ml air, sesuaikan kekentalan yang diinginkan
30 gram bawang putih dihaluskan
30 buah cabe rawit, haluskan
1/2 sdt garam
30 gram asam jawa
1/2 sdt vetsin atau sesuai selera
Cara membuat cuko empek-empek :
Masak air dan gula aren sampai benar-benar mendidih, lalu masukkan bahan-bahan lainnya. Aduk-aduk hingga mendidih kembali, matikan api lalu angkat dan saring.
Setelah disaring, dapat didihkan kembali sambil terus diaduk serta biarkan mendidih agak lama untuk meghilangkan aroma cuko yang kurang sedap dari gula aren. Angkat dan cuko sudah siap disajikan bersama pempek sutra udang.

Recent Posts