Rumus Energi Potensial Gravitasi dan Mekanik

Energi potensial gravitasi

Energi posisi gravitasi adalah energi potensial yang disebabkan oleh gravitasi bumi. Jika Anda memegang batu bermassa m pada ketinggian h dari tanah atau lantai, lepaskan batu tanpa kecepatan awal dan benda jatuh dan mengenai tanah atau lantai. Objek fokus di tanah atau di lantai.

Benda bermassa m pada ketinggian h dari tanah atau lantai. Ketika mengangkat benda dari tanah atau lantai hingga mencapai ketinggian, perlu dilakukan upaya sebanyak kekuatan yang diberikan pada jarak yang ditempuh.

Rumus

Gaya di sini adalah gravitasi dari rumus m.g, tetapi jarak ruang memiliki arti yang sama dengan ketinggian (diwakili oleh huruf h). Ungkapannya adalah sebagai berikut.

W = Fy = m.g. h

Deskripsi:
W: Upaya yang diperlukan untuk mengangkat objek hingga ketinggian h
Fy: gravitasi
m: massa benda
g: Konstanta gravitasi
h: Tinggi objek

Secara singkat, energi potensial gravitasi dari suatu benda bermassa m sehubungan dengan bidang referensi adalah produk dari ketinggian objek dari bidang referensi (tanah, lantai, dll.) Dan berat benda. Secara matematis, energi potensial dapat dirumuskan dengan rumus berikut.

EP = m.g. h

informasi
EP: energi potensial
m: massa benda
g: Gravitasi bumi
h: Tinggi objek

Energi potensial selalu diukur terhadap bidang referensi tertentu atau titik referensi. Posisi energi pada titik referensi biasanya nol. Ketika medan listrik referensi atau titik referensi objek berbeda, energi potensial objek juga harus berbeda. Persamaannya terletak pada besarnya perubahan energi potensial dari dua titik ini.

Konsep energi mekanik

Objek dengan massa m berada pada posisi ujung (1) dengan ketinggian h 1 menuju permukaan referensi dan posisi ujung (2) dengan tinggi h 2. Gravitasi (w) = mg benda membuat upaya dari posisi (1) ke posisi (2). Ini sebanding dengan perubahan energi potensial gravitasi dari posisi 1 ke posisi 2.

Dalam jangka pendek, energi mekanik dapat diartikan sebagai jumlah energi potensial dan energi kinetik dalam setiap masalah. Ketika melakukan bisnis. Ini berarti bahwa energi suatu benda yang disebabkan oleh gerakan, posisi, atau keduanya, dapat disebut energi mekanik. Energi mekanik memiliki Joule atau umumnya disingkat J.

Contoh energi mekanik sederhana adalah saat Anda menjalankan permainan bulutangkis. Ketika Anda memukul bola, Anda melepaskan energi kinetik, dan shuttlecock terbang memiliki energi potensial, dan Anda memasuki bidang lawan Anda. Serangkaian kegiatan dalam permainan bulutangkis adalah contoh penggunaan energi mekanik dalam kehidupan sehari-hari.

Formula energi mekanik

Energi mekanik adalah jumlah dari energi potensial dan energi kinetik, dan formula energi dinamis adalah kombinasi dari persamaan energi potensial dan formula energi kinetik. Rumus energi kinetik adalah sebagai berikut.

Em = Ep + Ek

Deskripsi:
Em: Energi mekanik (Joule)
Ep: Energi potensial (Joule)
Ek: energi kinetik (Joule)

Energi mekanik berhubungan langsung dengan hukum konservasi energi. Dalam Undang-Undang Konservasi Energi, “Energi tidak dapat dihasilkan atau dihancurkan, energi hanya dapat dikonversi dari satu bentuk energi ke bentuk energi lain.

Rumus UU Konservasi Energi dapat ditulis sebagai berikut.

Em = Ep + Ek = konstan
Em1 = ​​Em2
Ep1 + Ek1 = Em2 + Ek2
m1.g. h1 + 1/2 m 1. v 12 = m 1 g. h 2 + 1/2 m 1 .v 22

Deskripsi:
m1: Massa target (kg)
h1: ketinggian objek di posisi awal
h2: ketinggian objek di posisi akhir
v1: Kecepatan awal objek
v2: Kecepatan akhir objek
c. Contoh energi mekanik dalam kehidupan sehari-hari

Contoh energi mekanik dalam kehidupan sehari-hari adalah bahwa ketika Anda memiliki objek pada ketinggian 3 meter di atas tanah, objek itu tidak memiliki energi kinetik, tetapi objek itu memiliki energi potensial.

Karena objek tidak bergerak, tidak ada energi kinetik. Karena posisinya 3 meter di atas titik atau bidang referensi, objek memiliki energi potensial.

Karena energi mekanik adalah kombinasi dari energi potensial dan energi kinetik, jika ada objek dengan energi potensial atau energi kinetik saja, ia termasuk dalam contoh energi mekanik.

Benda yang dipegang sebelumnya akan memiliki energi kinetik saat bergerak, jika jatuh. Ketika objek mencapai tanah dan berhenti, objek tidak lagi memiliki energi potensial karena posisi atau posisi objek sama atau pada titik referensi.

Contoh lain dari energi kehidupan yang dinamis adalah permainan biliar. Ketika bola A menyerang dan menyerang bola B, energi akan berubah dari energi potensial menjadi energi kinetik dari sana. Akibatnya, bola stasioner membentur bola A dan kemudian bergerak.

Sumber : https://laelitm.com/