SEBAGAI SARANA BELAJAR ANAK USIA DINI

SEBAGAI SARANA BELAJAR ANAK USIA DINI

                     2.1         Teori Bermain

                                           2.1.1            Pengertian Bermain

Istilah bermain merupakan konsep yang perlu dipahami dengan baik agar tidak terjadi kesalahan dalam menilai kegiatan yang dilakukan oleh orang dewasa bersama anak, khususnya bersama anak usia balita. Pada dasarnya, bermain merupakan kegiatan yang dilakukan anak secara berulang-ulang semata-mata demi kesenangan dan tidak ada tujuan atau sasaran akhir yang ingin dicapainya. Jadi, khususnya pada anak usia balita, apapun kegiatan yang dilakukan, selama membuat anak merasa senang, dapat dikategorikan sebagai bermain. Kegiatan bermain yang dilakuka oleh anak, dapat dengan mengunakan alat ataupun tanpa alat permainan, dilakukan dimana saja, kapan saja.

Bermain merupakan suatu aktivitas yang menyenangkan karena itu akan lebih mudah bagi anak untuk menyerap berbagai informasi baru yang ia tanggapi dengan sikap yang positif dan tanpa paksaa.

Dengan demikian, yang menjadi tantangan bagi orang dewasa adalah bagaimana memanfaatkan kegiatan bermain untuk membantu anak belajar dalam suasana hati yang menyenangkan dan tanpa beban. pada si anak, maksudnya atas prakarsa anak, dipacu oleh anak Caranya, anatara lain dengan mengupayakan agar kegiatan yang dilakukan berpusat dan mengikuti gaya anak.