Teori dan Sifat-Sifat Magnet

Teori dan Sifat-Sifat Magnet

Teori dan Sifat-Sifat Magnet

Teori dan Sifat-Sifat Magnet

Sifat-Sifat Magnet

Adapun sifat-sifat magnet yang diantaranya yaitu:

  • Magnet memiliki dua macam kutub, yaitu kutub utara yaitu kutub magnet yang dalam keadaan bebas selalu menunjuk arah utara. Kutub selatan yaitu kutub magnet yang dalam keadaan bebas selalu menunjuk arah selatan.
  • Dalam keadaan bebas, magnet selalu menunjuk arah utara-selatan hal ini disebabkan magnet terpengaruh kutub-kutub magnet bumi.
  • Gaya magnet yang paling kuat berada di ujung-ujung atau kutub-kutub magnet, hal ini disebabkan resultan gaya magnet elementernya paling besar.
  • Kutub-kutub yang sejenis jika didekatkan akan saling tolak-menolak, sedangkan kutub-kutub yang tidak sejenis jika didekatkan akan tarik menarik.
  • Apabila sebuah magnet dipotong menjadi dua bagian atau lebih, potongan-potongan magnet tetap memiliki dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan.

Teori Kemagnetan

Sebuah magnet yang dipotong menjadi dua atau lebih bagian, tetapi memiliki dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan. Jadi, sebuah magnet terdiri dari magnet-magnet kecil yang disebut magnet elemeter yang juga memiliki kutub utara dan kutub selatan.


Pada magnet, magnet-magnet elementer tersusun teratur, namun pada benda nonmagnetik, magnet-magnet elementernya tidak teratur. Sifat kemagnetan pada besi dan baja ialah sebagai berikut:

  • Magnet elementer besi tidak teratur, tetapi mudah untuk disusun menjadi teratur dan terbentuk menjadi magnet lunak. Megnet ini tidak bisa tahan lama (sementara/remanen).
  • Magnet elementer baja tidak teratur dan sulit disusun, jika magnet elemeter baja sudah tersusun dan magnet baja terbentuk, maka magnet baja ini sangat kuat dan tahan lama (magnet tetap/permanen).

Sumber: https://ppag.co.id/icewind-dale-apk/