Tips Mengamankan Informasi Pribadi Anda

Tips Mengamankan Informasi Pribadi Anda

Tips Mengamankan Informasi Pribadi Anda

Tips Mengamankan Informasi Pribadi Anda

Melindungi informasi pribadi Anda dapat membantu mengurangi risiko pencurian identitas. Ada empat cara utama untuk melakukannya: tahu siapa Anda berbagi informasi dengan; menyimpan dan membuang informasi pribadi Anda aman, terutama nomor Jaminan Sosial; mengajukan pertanyaan sebelum memutuskan untuk berbagi informasi pribadi Anda; dan menjaga keamanan sesuai pada komputer Anda dan perangkat elektronik lainnya.

Menjaga Informasi Pribadi Anda Secara Offline

Mengunci dokumen keuangan Anda dan catatan di tempat yang aman di rumah, dan mengunci dompet atau tas di tempat yang aman di tempat kerja. Menyimpan informasi Anda aman dari teman sekamar atau pekerja yang datang ke rumah Anda.

Batasi apa yang Anda bawa. Ketika Anda pergi keluar, mengambil hanya identifikasi, kredit, dan kartu debit yang Anda butuhkan. Tinggalkan kartu Jaminan Sosial Anda di rumah. Membuat salinan kartu Medicare dan hitam keluar semua tapi empat digit terakhir pada salinan. Membawa salinan dengan Anda – kecuali Anda akan menggunakan kartu Anda di kantor dokter.

Sebelum Anda berbagi informasi di tempat kerja Anda, bisnis, sekolah anak Anda, atau kantor dokter, bertanya mengapa mereka membutuhkannya, bagaimana mereka akan menjaganya, dan konsekuensi dari tidak membagikannya.

Menjaga Informasi Pribadi Anda Secara  Online

Anda harus mengetahui berbagi dengan siapa informasi pribadi Anda . Menyimpan dan membuang informasi pribadi Anda dengan aman.

  1. Waspadai peniru

Pastikan Anda tahu siapa yang mendapatkan informasi pribadi atau keuangan Anda. Jangan memberikan informasi pribadi di telepon, melalui surat atau melalui Internet kecuali Anda telah memulai kontak atau tahu siapa Anda berurusan dengan siapa. Jika sebuah perusahaan yang mengklaim memiliki rekening dengan Anda mengirim email yang meminta informasi pribadi, jangan klik link dalam email. Sebaliknya, ketik nama perusahaan ke dalam browser web Anda, pergi ke situs mereka, dan menghubungi mereka melalui layanan pelanggan. Atau, hubungi nomor layanan pelanggan yang terdaftar pada laporan rekening Anda. Tanyakan apakah perusahaan benar-benar mengirimkan permintaan.

  1. Amankan Informasi Pribadi Anda Sebelum Dibuang

Sebelum membuang data di computer dan menyingkirkan semua informasi pribadi itu. Gunakan program utilitas untuk menghapus pada seluruh hard drive.

Sebelum membuang informasi pribadi di perangkat mobile, periksa pemilik Anda manual, situs penyedia layanan, atau situs web produsen perangkat untuk informasi tentang cara untuk menghapus informasi secara permanen, dan bagaimana untuk menyimpan atau mentransfer informasi ke perangkat baru. Lepaskan modul memori atau pelanggan identitas (SIM) dari perangkat mobile. Hapus buku telepon, daftar panggilan yang dibuat dan diterima, pesan suara, pesan yang dikirim dan diterima, folder organizer, riwayat pencarian web, dan foto.

  1. Enkripsi Data Anda

Menjaga browser Anda seara aman. Untuk menjaga transaksi online Anda, menggunakan perangkat lunak enkripsi yang mengacak Informasi yang dikirimkan melalui internet. A “kunci” icon pada status bar browser internet Anda berarti informasi Anda akan aman ketika itu ditransmisikan. Carilah kunci sebelum Anda mengirimkan informasi pribadi atau keuangan secara online.

  1. Jauhkan Sandi Pribadi

Gunakan password yang kuat dengan laptop Anda, kredit, perbankan, dan account lainnya. Jadilah kreatif: memikirkan sebuah frase khusus dan menggunakan huruf pertama dari setiap kata sebagai password Anda. nomor pengganti beberapa kata atau huruf. Misalnya, “Saya ingin melihat Samudera Pasifik” bisa menjadi 1W2CtPo.

  1. Jangan Overshare di Situs Jejaring Sosial

Jika Anda memposting terlalu banyak informasi tentang diri Anda, seorang pencuri identitas dapat menemukan informasi tentang kehidupan Anda, menggunakannya untuk menjawab pertanyaan ‘tantangan’ pada account Anda, dan mendapatkan akses ke uang Anda dan informasi pribadi. Mempertimbangkan untuk membatasi akses ke halaman jaringan Anda untuk sekelompok kecil orang. Tidak pernah mengirim nama lengkap Anda, nomor Jaminan Sosial, alamat, nomor telepon, atau nomor rekening di situs yang dapat diakses publik.

 

Sumber: https://ppidkabbekasi.id/as-larang-drone-terbang-di-atas-patung-liberty/